Sebelum Menikah, Calon Pengantin Wajib Tes HIV

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BOJONEGORO – Calon pengantin (catin) nantinya diminta melaksanakan tes HIV. Kepastian ini tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penanggulangan HIV-AIDS dan Tuberkulosis (TB), akhir tahun lalu. Namun, realisasi perda ini masih menunggu peraturan bupati (perbup). Konseling ini nantinya dilakukan petugas kesehatan.

Kasi Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro Whenny Dyah mengatakan, perda ini diterapkan untuk mendeteksi secara dini virus HIV-AIDS. Selain calon pengantin, para penderita TB juga wajib dikonseling untuk tes HIV.

Karena TB merupakan salah satu penyakit penyerta atau infeksi oportunistik (IO) terbanyak pada orang dengan HIV-AIDS (ODHA). Sehingga, perlu adanya pemeriksaan tes HIV-AIDS kepada penderita TB, begitu pun sebaliknya.

Namun, kata dia, tetap memerlukan persetujuan dari pasien TB atau calon pengantin. Sebab, pihak puskesmas atau rumah sakit tetap memberikan konseling agar yang bersangkutan bersedia melakukan tes HIV. Sekaligus memberitahukan tes tersebut merupakan imbauan dari pemerintah.

Keberadaan perda, kata Whenny, setidaknya mampu menekan persebaran virus TB dan HIV-AIDS. Selain dari sisi pengobatan, perda juga mengatur peran seluruh dinas-dinas terkait mengembalikan kondisi sosial dan ekonominya. “Dalam mengatasi kedua virus tersebut, peran dari seluruh sektor dibutuhkan. Dinkes hanya sisi pengobatan, sedangkan yang terpenting adalah kondisi sosial dan ekonomi penderita,” terangnya.

Sementara itu, jumlah penderita penyakit TB meningkat selama 2017. Whenny mengatakan pemerintah pusat menargetkan menemukan kasus TB pada 2017 di Bojonegoro sebanyak 1.696 kasus. Ternyata dalam setahun lalu, dinkes justru menemukan 1.784 penderita TB. Sebelumnya, pada 2016 temuan kasus TB sebanyak 1.293.

Sehingga tak heran, setiap tahunnya jumlah kasus TB terus meningkat. Sebab, penyakit TB bisa dipicu oleh bakteri basil atau mycobacterium tuberculosis yang tersebar melalui udara. Karena itu, Whenny mengimbau segera periksa apabila ada gejala seperti terserang batuk selama 21 hari atau lebih. Juga batuk disertai darah, hingga demam. (Fajar/JPR)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...