Polres Baubau Manfaatkan Teknologi Pantau Pilkada

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Polres Baubau dibawah kepemimpinan AKBP Daniel Widya Mucharam terus melakukan terobosan dan inovasi-inovasi baru. Teranyar, dalam rangka mendukung tugas pengamanan Pilwali Kota Baubau, Polres Baubau memanfaatkan teknologi untuk memantau pelaksanaan Pilkada.

Teknologi yang dimanfaatkan adalah dengan menggunakan IT Control System yang terhubung pada posko-posko Operasi Mantap Praja 2018 yang tersebar dibeberapa titik, termasuk di Markas Polres Baubau.

“Ini sebagai upaya dalam rangka mendukung tugas Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kota Baubau,” kata Daniel melalui rilis yang diterima redaksi fajar.co.id.

Posko-posko tersebut telah diresmikan langsung oleh Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Andap Budhi Revianto. Hal ini juga sebagai upaya modernisasi kepolisian dalam rangka menyambut perhelatan Pilkada Serentak di Sultra.

“Posko yang dibuat oleh Polres Baubau ini merupakan Posko dengan menggunakan IT dalam membantu pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2018 dan menjadi Posko OMP dengan sistem IT Control pertama di jajaran Polres Polda Sultra. Hal ini sejalan dengan adanya situasi Kamtibmas menonjol di wilayah hukum Polre Baubau yang pada tahun 2018 ini yang akan melaksanakan Pilgub dan Pilwalikota sekaligus,” ujarnya. (Fajar)

Adapun Posko dimaksud berisi sistem kendali yang mencakup :

  1. Kontrol Pengamanan di Perangkat Pemilu seperti di kantor KPU melalui CCTV yang dapat dimonitor secara live streaming melalui Posko.
  2. Social Media Control yang merupakan sistem pengawasan dalam penggunaan media sosial yang dapat mengganggu situasi kamtibmas ( hate speech, kampanye negatif, upadate dinamika masyarakat termasuk kaitan dengan dinamika Pilkada).
  3. Update Perkembangan Situasi di tingkat nasional/internasional dengan menggunakan TV Kabel yang terintegrasi dengan Monitoring Screen.
  4. Monitoring dinamika data selama pelaksanaan Pilkada serentak melalui monitoring screen.
  5. Fasilitas Video Conference yang terpadu dengan Wall Screen berukuran besar.
  6. Tactical Floor Game untuk membuat simulasi dalam perencanaan penggunaan dan penggeseran kekuatan pengamanan Polres Baubau.
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...