JK Pensiun, Daerah Usul Golkar Segera Jaring Cawapres

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Pemilihan presiden (Pilpres) tinggal satu setengah tahun lagi. Di sisi lain, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), memutuskan akan pensiun dan tidak akan ikut Pilpres 2019.

Rencana Wapres JK ini sudah pernah disampaikan, dan kembali disinggung di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018). JK bilang calon penggantinya harus bersiap karena Pilpres sudah dekat.

“Pergantian sesuai konstitusi saja. Lima tahun-lima tahun. Dan itu, ya, nanti para calon ada waktu hampir satu setengah tahun. Tinggal nanti bagaimana calon masing-masing,” kata JK.

Respons terkait rencana pensiun JK seketika bermunculan. Dari daerah, kader Golkar mengusulkan agar partai berlambang beringin sesegera mungkin mencari pengganti Wapres dengan menggelar konvensi.

“Sebaiknya sesegera mungkin membentuk kepanitian uuntuk menyelenggarakan konvensi untuk menjaring cawapres-cawapres terbaik,” tutur Ketua Dewan Penasihat Golkar Selayar, Rapsel Ali, Selasa (23/1/2018).

Menurut Rapsel, arah kebijakan politik Presiden Jokowi sudah bisa disimpulkan bahwa ia menginginkan cawapres dari Partai Golkar. Karenanya, Golkar harus bergerak cepat menggelar penjaringan.

“Lokasi penyelenggaraan konvensi harus mewakili wilayah Indonesia, yaitu Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Tidak apa-apa lama, sekitar enam bulan, yang penting menghasilkan cawapres terbaik untuk negeri ini.”

“Menurut saya konvensi sangat pas diadakan setelah lebaran tahun ini,” tuntas Rapsel yang juga merupakan pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO). (fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...