Wiranto Akui OSO Ketum Hanura, Surat Pemecatan Ketua DPD Sah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pembina Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto secara resmi mengakui Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Ketua Umum Partai Hanura yang sah saat ini.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wiranto di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (23/1). Selain Wiranto, Kementerian Hukum dan HAM juga sudah menerbitkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Hanura di bawah kepemimpinan OSO pada 17 Januari 2018.

Penerbitan SK ini diterbitkan satu hari sebelum Hanura kubu Syarifuddin Suding menggelar Musyawara Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Kantor DPP Hanura di Bambu Apus pada, 18 Januari 2018.

Atas dasar itu, Hanura di bawah kepemimpinan OSO dinyatakan sah secara hukum. Tak hanya itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat juga mengakui kepengurusan OSO sebagai Ketua Umum Hanura yang sah.

Wasekjend Bina Wilayah Maluku-Maluku Utara Partai Hanura Wahab Talaohu mengatakan, surat pemecatan atau pencopotan terhadap Ketua-Ketua DPD Hanura yang membelot itu sah.

Talaohu kini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) DPD Hanura Maluku gantikan Ayu Hindun Hasanussi yang sudah dipecat.

Ayu Hasanussi sendiri sudah dipecat secara resmi oleh OSO dari posisi Ketua DPD, setelah diketahui menjadi motor penggerak mosi tidak percaya kepada OSO. “Surat pemecatan ibu Ayu sah,” kata Talaohu saat dikonfirmasi, Selasa (23/1).

Dikatakan Talaohu, saat ini DPD Hanura Maluku sedang menyiapkan Musyawara Daerah Luar Biasa (Musdalub) untuk memilih Ketua DPD yang definitif. “Jadi besok jam 10.00 WIB dilakukan Musdalub di Hotel Haris, Tebet, Jakata Selatan. Sekaligus memilih Ketua DPD yang baru,” jelasnya.

Talaohu juga mengakui, delapan DPC yang sempat membelot dan mendukung kubu Syarifuddin Suding sudah hadir dan menyatakan dukungan kepada OSO sebagai Ketua Umum Partai.

“Ada delapan DPC yang sudah hadir hari ini untuk mengikuti Musdalub. Ntar besok baru kita lihat di arena Munaslub ya,” akui Talaohu.

Diketahui, OSO sudah menerbitkan surat pemecatan kepada Ayu Hindun Hasanussi bersamaan dengan diterbitkannya SK Kemenkumham atas kepengurusan yang sah Partai Hanura. Selain Ayu Hasanussi, OSO juga melakukan pemecatan terhadap beberapa Ketua DPD yang membelot. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...