Airlangga Sarankan Khofifah-Emil Gandeng Rhoma Irama

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim pemenangan Bakal Calon Gubernur-Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub-Bacawagub) Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa diminta berhati-hati dalam menentukan artis yang akan dilibatkan pada masa kampanye. Artis atau publik figur yang digaet harus dapat merepresentasi citra Khofifah dari kalangan santri.

Saran itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Airlangga Pribadi Kusman. “Tentunya pilihan artis atau publik figur yang akan diambil harus sejalan dan sinkron dengan citra itu,” kata Arilangga saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (24/1).

Salah satu artis yang dinilai cocok menjadi juru kampanye (jurkam) Khofifah-Emil adalah raja dangdut Rhoma Irama. Sebagai artis legendaris yang memiliki fans fanatik, Rhoma diyakini mampu mendongkrak suara untuk Khofifah-Emil. Terlebih, karya-karya Rhoma mengandung unsur religius yang bisa dinikamati semua kalangan. Termasuk santri.

“Kalau segmentasi beliau (Rhoma) masih aman dan cukup relevan. Bagaimanpun Rhoma Irama itu legenda dan lagu-lagunya religius,” ungkap pria yang juga CEO The Initiative Institute itu.

Beberapa alternatif lain adalah memilih artis atau publik figur yang bisa mengangkat kesenian-kesenian tradisional lokal. Contohnya kesenian qosidah. Mengingat Khofifah juga Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU).

“Pilihan-pilihan yang bisa diambil ibu Khofifah misalnya artis yang bisa menggerakkan kesenian tradisional seperti qosidah, ludruk dan wayang. Agar tidak ada benturan antara citra yang ditampilkan dengan pemilih,” saran Airlangga. (Fajar/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...