Agus-TBL dan NA-ASS Tetap Bisa Raih Banyak Suara di Luwu Raya, Ini Alasannya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Suara pemilih di Luwu Raya tidak akan sepenuhnya dikuasai pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudazakkar. Pasanggan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo dan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman juga diyakini tetap bisa meraup suara signifikan.

Untuk diketahui, Aziz dan Cakka, panggilan Mudzakkar merupakan dua calon wakil asal Luwu Raya. Sementara wakil Agus dan Nurdin Abdullah berasal dari Enrekang dan Bone. Ketiadaan calon gubernur dari Luwu Raya dianggap merupakan peluang bagi Agus dan NA untuk masuk ke Luwu Raya dan menggalang dukungan yang sama seperti pasangan lain.

“Untuk Luwu Raya, dari 4 cagub tidak ada yang dari wilayah ini. Sementara wakil yang bertarung yang merupakan putra dari sana adalah Aziz dan Cakka. NA serta Agus tentu akan mencari simpul lain di luar dari Aziz dan Cakka,” kata Pengamat Politik, Jayadi Nas, baru-baru ini.

Yang bisa menjadi sumber suara Agus dan NA menurut mantan ketua KPU Sulsel tersebut adalah wilayah-wilayah seperti Luwu Timur, Luwu Utara, serta Kota Palopo. Itu karena warga ketiga daerah ini sebagian adalah pendatang dan sebagian lainnya non muslim. “Untuk Luwu, itu pertarungan keras antara Aziz dan Cakka,” jelasnya.

Bagi dosen asal Unhas tersebut, semua pasangan calon memang akan saling mengganggu basis yang diklaim rival mereka. Bukan hanya di Luwu Raya, namun juga daerah lainnya. “Empat pasangan calon ini akan saling mengganggu, baik sekaitan geopolitik ataupun persoalan yang berkaitan dengan basis yang selama ini dikuasai,” ujarnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...