SK Pj Wali Kota Baubau Sudah Diteken Mendagri

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Teka-teki siapa yang bakal menjadi pejabat (Pj) Wali Kota Baubau pasca berakhirnya masa jabatan Wali Kota Baubau, AS Tamrin pada 31 Januari mendatang tinggal menunggu waktu saja. SK yang dinanti-nantikan pun telah diteken oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Hanya saja, nama siapa yang tercantum dalam SK tersebut masih dirahasiakan. Akan tetapi, nama Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra), Hado Hasina masih menjadi kandidat kuat untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan AS Tamrin yang akan bertarung untuk periode keduanya.

Berdasarkan penelusuran Kendari Pos (Fajar.co.id Group) di kantor Kemendagri, SK tersebut bahkan telah diteken pada tanggal 24 Januari 2018. “Surat mengenai Penjabat (Pj) Baubau sudah masuk meja Menteri kalau tidak salah Jumat atau senin lalu. Kemarin, surat tersebut sudah keluar lagi ke bagian Otonomi Daerah (Otda),” kata salah satu staf yang enggan disebutkan namanya.

Ditanyakan lebih jauh soal nama atau nomor SK, staf tersebut mengaku tidak mengetahuinya. “Saya tidak berani buka surat mas. Saya hanya mengirim saja,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Arif mengungkapkan SK tersebut sudah selesai dan sedang dibuatkan petikannya. “Nanti kalau sudah selesai petikannya akan dikirim kembali ke daerah untuk dilakukan pelantikan,” tuturnya.

Senada dengan staf yang enggan disebutkan namanya, Arif juga enggan untuk membeberkan nama yang tertera didalam SK. Saat disebutkan satu persatu nama calon Pj Baubau, Arif mengelak. Hanya saja, saat disinggung soal nama Hado Hasina, Arif hanye tersenyum.

“Liat saja nanti. Biarkan pihak Pemprov Sultra yang menyampaikan langsung kepada publik,” ujarnya.

Telah ditekennya SK tersebut juga dibenarkan oleh Dirjend Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Sumarsono. “Sudah ditandatangani,” kata Soni.

Lebih jauh Soni mengungkapkan bahwa proses Pj Baubau tinggal menunggu pelantikan saja. “Di kita (Kemendagri, red) kan sudah selesai. Sekarang prosesnya akan kembali ke daerah utuk dilakukan pelantikan,” ungkap Soni.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Prov Sultra La Ode Ali Akbar mengaku belum mengetahui hal tersebut. “Saya belum tahu apa sudah diteken apa belum. Saya baru sampai di Jakarta untuk mengurus berkas-berkas tersebut,” tutur mantan Pj Bupati Buton Tengah tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, SK untuk Pj Baubau bernomor 131-74-116 Tahun 2018 tertanggal 24 Januari 2018. Berlakunya SK tersebut nanti setelah proses pelantikan dilakukan. Meski nomor SK telah dikantongi Kendari Pos (Fajar.co.id Group), tetapi siapa yang bakal dilantik masih tetap menjadi rahasia. (Fajar/Yog)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

1 Komentar