Laptop Canggih Qualcomm Segera Masuk Indonesia

FAJAR.CO.ID — Laptop dengan otak Qualcomm yang merupakan hasil dari kolaborasi tiga raksasa teknologi akan dipasarkan di Indonesia, tahun ini. Laptop dengan tagline “Always Connected PC” itu ditenagai prosesor snapdragon 835.

Diketahui, tiga vendor yang terlibat dalam proyek prestisius Always Connected PC itu adalah Asus, HP, dan Lenovo. Ketiga merk tersebut tentu sudah tidak asing bagi publik di tanah air. Ketiganya tergabung dalam Original Equipment Manufacturer (OEM) yang dipercaya Qualcomm untuk menggendong chipset Snapdragon 835 ke masing-masing produk mereka.

Country Director Qualcomm, Shannedy Ong, mengatakan bahwa saat ini baru tiga vendor yang menyatakan diri siap memboyong snapdragon 835 ke produk PC mereka. “Tidak menutup kemungkinan ke depan akan banyak vendor yang pakai Qualcomm di unit mereka,” jelasnya saat ditemui JawaPos.com dalam acara Qualcomm New Year Gathering di bilangan SCBD, Jakarta, belum lama ini.

“Untuk pemasaran di Indonesia, nantinya mengikuti keputusan dari ketiga OEM partner Qualcomm itu tadi. Urusan dapur mereka kan kita tidak tahu. Mungkin mereka punya strategi masing-masing,” imbuhnya.

Menurut dia, laptop tersebut kemungkinan nantinya akan dirilis secara global terlebih dahulu. Baru kemudian di Indonesia mengikuti.

Diketahui, prosesor Qualcomm sebelumya populer digunakan oleh perangkat gadget mobile seperti smartphone. Nah, laptop dari tiga vendor tersebut menjadi perangkat pertama di dunia yang mengadopsi prosesor Qualcomm.

“Dengan menyematkan chipset Snapdragon ke dalam laptop Always Connected PC itu, kita berharap pengguna nantinya bisa memadukan antara produktivitas PC dengan berbagai kelebihan ala smartphone. Misalnya seperti koneksi internet yang selalu tersambung, desain yang lebih tipis dan mudah dibawa-bawa, kemudian hal penting lainnya seperti daya tahan baterai yang irit,” terang Shannedy.

Laptop tersebut digambarkan dalam bentuk yang inovatif. Selalu terkoneksi ke jaringan internet dengan desain inovatif dan kekinian, serta konsumsi baterai yang diklaim ekstrairit seperti menggunakan smartphone. Nantinya laptop tersebut akan berjalan pada sistem operasi Windows 10 milik Microsoft dengan beberapa pembaruan fitur yang memungkinkan laptop tersebut agar lebih menyenangkan untuk digunakan.

“Saat ini baru Snapdragon 835. Ke depan tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa vendor akan memboyong chipset terbaru kami yang lebih mumpuni. Kita kan punya 845, 855 dan pengembangan lain yang tentu akan semakin canggih,” ungkap Shannedy.

Dia memprediksi bahwa laptop Always Connected PC itu mungkin akan dipasarkan secara global pada awal Maret. Namun, dia mengaku masih belum tahu kepastian kehadiran laptop itu untuk pasar tanah air. (fajar/JPC)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi

Comment

Loading...