LSI Sebut TP Susah Ditumbangkan di Pilwali Parepare

FAJAR.CO.ID, PAREPARE–Hasil temuan dan analisa survei opini publik yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas M Taufan Pawe bersama duetnya, Andi Pangerang Rahim (TP) mencapai 60,4 persen. Petahana itu perkasa dan sulit ditumbangkan.

“Pasangan ini (TP) mengantongi dukungan sebesar 60.4 persen, sedangkan pasangan Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad (FAS) hanya 24.1 persen saja. Selisih keduanya terlampau jauh dengan selisih 36.3 persen. Ini kami kategorikan incumbent perkasa,” ungkap Manager Peneliti Strategi LSI, Rasmuddin saat jumpa Persdi Hotel Pare Beach City, Minggu, (28/1/2018).

Rasmuddin mengemukakan, elektabilitas TP melampaui rivalnya. Ada tiga faktor yang membuat TP susah dikalahkan. Pertama, tingginya kepuasan publik terhadap kinerja petahana Taufan Pawe dalam kurun waktu empat tahun lebih dalam memimpin kota kelahirannya. “Mereka yang puas terhadap kinerja HM Taufan Pawe di angka 85.9 persen, sedangkan kepuasan kinerja Faisal Andi Sapada selaku Wakil Wali Kota Parepare hanya mencapai 54.6 persen,” paparnya.

Kedua lanjut Rasmuddin, Petahana Taufan Pawe juga unggul dari segi persepsi kemampuan, sebesar 78.10 persen publik di Kota Parepare menilai TP memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah yang ada di daerahnya, sementara persepsi kemampuan bagi FAS hanya 21.30 persen.

“Ketiga, tingkat kesukaan atau penerimaan publik terhadap pasangan HM Taufan Pawe-Pangerang Rahim mencapai 89.90 persen, sedangkan Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad hanya 70 persen,” beber Ras, sapaan Konsultan Citra Indonesia yang dinaungi LSI ini.

Dari hasil temuannya ini, LSI kata Rasmuddin menyimpulkan, jika kondisi pertarungan di Parepare normal, maka diproyeksikan Taufan Pawe-Pangerang Rahim akan keluar sebagai pemenang dalam Pilwalkot Parepare.

“Jika normal, dan tidak ada gangguan blunder personal, maka kami memproyeksikan Bapak Taufan Pawe dan Pangerang Rahim akan menang pada 27 Juni 2018 nanti. Pasangan ini sangat perkasa terlampau jauh di atas 36 persen dari rivalnya,” optimis Rasmuddin.

Dalam Jumpa Pers tersebut, Rasmuddin juga mengungkap kredibelitas LSI yang telah berhasil memenangkan sejumlah kepala daerah, baik di Sulsel, daerah di Pulau Jawa, termasuk memenangkan Presiden Jokowi dalam Pilpres 2014 lalu. (MP1/Nia)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir

Comment

Loading...