PKB Lolos Verifikasi Faktual

Senin, 29 Januari 2018 - 16:35 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan jika Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah memenuhi syarat verifikasi faktual.

Dalam proses verifikasi yang berlangsung siang tadi (29/1) di Kantor DPP PKB, ada tiga komponen yang diperiksa KPU. Pertama soal kepengurusan inti, domisili kantor, serta keterwakilan perempuan.

“Tiga-tiganya sudah memenuhi (syarat),” ujar Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari yang memimpin proses verifikasi bersama rekan sejawatnya, Viriyan Azis. Dari Bawaslu, hadir salah seorang komisionernya, Mochamad Afifuddin

Sementara untuk pengurus DPP PKB, di antaranya Ketua Umum Muhaimin Iskandar, Wakil Bandahara Umum Eko Putro Sandjojo, serta Sekretaris Jenderal, Abdul Kadir Karding.

Sepanjang proses verifikasi, mereka yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) hadir dan menunjukkan e-KTP, Termasuk Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Berdasar SK (Menkumham) nama-nama yang tertera dicocokkan dengan KTA dan KTP, dan hadir. Maka untuk komponen pengurus inti, dinyatakan memenuhi syarat,” lanjut Hasyim.

Pun aspek domisili, PKB dinyatakan memenuhi syarat. Lokasi kantor DPP PKB yang dikunjungi tim verifikator KPU, sama dengan yang dilaporkan dan diunggah dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

Alamatnya di Jalan Raden Saleh Nomor 9, RT 01/RW 02, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Alamat kantor DPP PKB juga sesuai dengan dokumen F4 surat pernyataan, bahwa gedung digunakan sampai pelaksanaan Pileg Pilpres berakhir atau sampai pelaksanaan pengambilan sumpah janji anggota DPR/DPD/DPRD,” beber Hasyim.

Untuk komponen terakhir, yakni keterwakilan perempuan, PKB juga lolos. Jumlah perempuan dalam kepengurusan tingkat pusat hadir 18 orang dari 56 pengurus. Dengan kata lain memenuhi 30 persen syarat minimum.

“Berarti sudah melampaui angka 17. Maka dengan demikian, keterwakilan perempuan hadir 18, sudah melalui batas 17. Maka dinyatakan memenuhi syarat,” pungkas Hasyim.

Selain PKB, hari ini tim verifikator KPU juga memverifikasi enam partai lain yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). (Fajar/JPC)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.