Anton Charliyan Klaim, Kapolri Ingin Dia Menang di Pilgub Jabar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Kapolda Jawa Barat (Jabar) yang kini meju sebagai calon Wakil Gubernur Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan mengklaim Kapolri Jenderal Tito Karnavian berpesan agar dirinya harus menang di Pemilih Gubernur Jabar nanti.

Namun, pernyataan Anton Charlian itu langsung dibantah oleh Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. Menuru Wasisto, Kapolri tidak pernah berpesan seperti yang disampaikan oleh Anton Charliyan.

“Saya klarifikasi, Bapak Kapolri tidak pernah perintahkan kepada bakal calon pimpinan daerah dari perwira Polri untuk seperti itu,” kata Setyo di Jakarta, Selasa (30/1).

Menurut dia, yang benar adalah Tito memberikan izin dan restu kepada pati Polri itu untuk maju di pilkada. Namun, hal itu bukan berarti Polri berpihak. “Sekali lagi Polri tetap netral tidak berpihak kepada siapa pun. Walaupun yang ikut kontestasi adalah perwira atau nantinya mantan perwira Polri,” tambah dia.

Apakah akan ada pemeriksaan di internal Polri soal ucapan Anton? Menurut Setyo, hal itu akan menjadi pertimbangan.

“Nanti dilihat apakah masuk dalam ranah kode etik apa bukan. Tapi saya sudah klarifikasi ke beliau (Anton, red) melalui telepon, beliau nyatakan lupa pernah katakan itu apa enggak,” tutur dia.

Diketahui, Anton Charliyan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berpasangan dengan TB Hasanuddin. (Fajar/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar