Janji Nurdin Halid, Tidak Ada Pengangguran Kalau Sulsel Baru Terealisasi

Selasa, 30 Januari 2018 - 14:09 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid yang akan berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar mengungkapkan, visi Sulsel Baru adalah solusi menekan jumlah penganguran dan angka kemiskinan di Sulsel. Jika ia terpilih dan program Sulsel Baru terealisasi, ia yakin tidak akan ada pengangguran di daerah ini.

“Kalau itu (Sulsel Baru) berhasil terealisasi, maka generasi muda jangan takut dan khawatir. Tidak bakal ada pengangguran karena NH-Aziz akan ciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. Kami menginginkan setiap sarjana baru bisa diserap,” kata NH dalam rilis timnya.

Untuk penciptaan lapangan kerja baru, menurut jubir NH-Aziz, M Natsir, salah satunya lewat program kerja pencetakan 100 ribu wirausaha baru. Itu ditargetkan bisa menciptakan satu juta lapangan pekerjaan baru. Blue-print-nya kata dia, satu wirausaha minimal mempekerjakan 10 orang.

“Modal dan bantuan usaha akan dibantu pemerintah jika NH-Aziz menjadi gubernur. Selain pemberian modal, akan ada pelatihan khusus kewirausahaan,” jelas Natsir.

Selain merancang sejuta peluang kerja, NH-Aziz juga menyiapkan program bantuan modal usaha tanpa bunga dan agunan untuk setiap desa/kampung se Sulsel. “Kami menyiapkan modal Rp25 juta setiap usaha. Tentu ada survei usaha agar bantuan ini tepat sasaran dan tepat guna. Jadi, tidak sekalian diserahkan langsung Rp25 juta, tapi bertahap,” kata Natsir.

Khusus sektor pertanian dan perkebunan, NH-Aziz akan membangun sentra pengolahan di daerah sentra produksi. Koordinator Tim Petani Cerdas Sulsel untuk NH-Aziz, Andi Agustina mengatakan, industri ini akan membuka lapangan kerja di daerah.

“Hasil pertanian dan perkebunan bisa langsung diolah di daerah. Selain meningkatkan nilai jual, lapangan kerja pada industri pasti terbuka juga. Misalnya cokelat, jagung dan lain sebagainya, nanti diolah menjadi produk yang harga jualnya bisa meningkat dan dikelola oleh masyarakat juga,” papar Agustina.

Sektor pariwisata juga akan digairahkan untuk membantu mengentaskan kemiskinan. Pembangunan wisata berkelas dunia untuk destinasi wisata Toraja, Selayar, Bulukumba, dan Maros juga menjadi salah satu fokus NH-Aziz.

“Dulu kita punya jalur tourism di daerah selatan-selatan. Bagaimana mengangkat potensi yang ada di Makassar hingga ke Bone? Nah, NH paham dengan kondisi histori dan kejayaan itu. Melalui tangannya, pariwisata Sulsel pasti akan bangkit kembali,” kata Praktisi Industri Kepariwisataan, Andi Ilhamsyah Mattalatta. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.