Kasihan!! Masyarakat Asmat Gunakan Air Hujan Buat Minum

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos) RI Idrus Marham menuturkan, kondisi di daerah Asmat, Papua sangat memprihatinkan. Pasalnya, masyarakat Asmat sangat sulit mendapatkan air bersih.

Dikatakan Idrus, daerah Asmat yang dikelilingi oleh rawa-rawa membuat warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih. Hingga mereka bergantung pada air hujan untuk dijadikan sebagai bahan pokok sehari-hari. “Masalah air yang utama di sana. Air minum itu sangat bergantung pada air hujan,” kata Idrus Marham kepada awak media di Gedung Nusantara III, DPR RI, Selasa (30/1).

Kata Idrus, Kementerian Sosial akan bertemu dengan Kementerian ESDM untuk mengusulkan dilakukan pengeboran air atau sumur bor, sebagai langkah tepat dalam mengatasi krisis air bersih di Asmat.

“Kami saat bertemu dengan kementerian ESDM untuk bagaimana menggunakan sumur bor, kalaupun itu dilakukan kurang lebih 300 sampai 350 meter lebih, karena kondisi alam yang sangat berpengaruh,” ucapnya.

Lelaki yang baru saja menjabat Mensos itu menjelaskan, kondisi Asmat yang dikepung oleh rawa-rawa itu menjadikan masyarakat disana cepat mendapat penyakit. Belum lagi, rumah-rumah penduduk setempat berada tepat di atas rawa-rawa, dan pusat kesehatan sangat jauh dari pemukiman mereka.

“Kondisi alamnya rawa, sangat potensial menimbulkan penyakit. Belum lagi rumah-rumah dibangun di atas rawa-rawa, dan pola hidup masyarakat di sana. Mereka juga jarang mendapatkan imunisasi, tidak semudah yang dibayangkan, daya jangkau kesehatan dan lainya sangat sulit,” jelasnya.

Diketahui, Pemerintah Pusat baru saja dikejutkan dengan penyakit campak dan gizik buruk. Atas penyakit ini, ratusan orang sudah dinyatakan meninggal dunia. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...