Setahun, Delapan Penderita HIV/AIDS Meregang Nyawa di Pangkep

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,PANGKEP — Jumlah penderita HIV/AIDS di Sulawesi Selatan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di Pangkep saja, pada 2016 lalu penderita virus mematikan ini mencapai sepuluh orang, bahkan selama periode 2016-2017, tercatat delapan warga yang meninggal duniam

Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep sangat gencar melakukan penyuluhan tentang bahaya penularan penyakit HIV/AIDS. Seperti diakui Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pangkep, dr Nurliah Sanusi saat dihubungi Senin (29/1).

“Saat ini jumlah pasien yang positif mengidap HIV sebanyak 38 orang. Dikatakan jumlah itu mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 2016 itu jumlah penderita HIV /AIDS di daerah ini masih berjumlah 10 orang,” kata dr Nurliah.

Dikatakan dr Nurliah, jika pihaknya sudah melakukan langkah konkrit, seperti menghimbau puskesmas utk lebih aktif melakukan sosialisasi tentang HIV/AIDS, termasuk kepada orang-orang yang beresiko seperti pegawai salon dan LGBT.

Selain itu, lanjut dokter ini mengarahkan agar tenaga kesehatan untuk lebih berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan dan selalu memakai alat pelindung diri, setiap melakukan tugas pelayanan.

“Kami juga telah melaksanakan konseling dan pemeriksaan rutin kepada penderita yang positif bersama pasangan dan anak-anaknya dan yang lebih utama menghimbau masyarakat untuk setia kepada pasangan yang resmi,” terangnya. (udi/bkm/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...