Di Sini Butuh Seribu PNS Baru

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Penyusunan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) lingkup Pemkot Samarinda dipastikan rampung. Saat ini formasi tersebut diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Sugeng Chairuddin menjelaskan, pemkot telah mengusulkan 1.000 lebih ruang untuk calon PNS tahun ini. “Tinggal menunggu keputusan KemenPAN. Belum tentu diterima begitu saja usulannya,” kata dia. Meski begitu, Sugeng berharap, usulan tersebut diakomodasi. Jadi, kebutuhan untuk Pemkot Samarinda terpenuhi.

Dia mengatakan, angka yang diajukan itu tidak asal, telah melalui proses panjang. “Mulai anjab dan ABK (analisa jabatan dan analisis beban kerja), serta mendata pegawai yang akan purnatugas. Yang jelas menganalisis kebutuhan dari kekurangan di setiap OPD (organisasi perangkat daerah),” ungkapnya.

Untuk formasi, mantan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) itu menyatakan banyak mengusulkan lowongan untuk tenaga pengajar. “Memang masih kurang. Apalagi setiap sekolah masih memiliki guru honor,” terangnya.

Demikian juga tenaga ASN dari sektor kesehatan yang masih sangat minim. Karena itu, formasi yang diusulkan didominasi dari kedua sektor itu. “Kami juga mengusulkan formasi untuk DPUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang). Tapi tetap didominasi penerimaan tenaga pengajar,” paparnya. “Komposisi yang diusulkan cenderung menyesuaikan kebutuhan. Apalagi dari awal formasinya banyak yang kurang. Ditambah lagi yang akan pensiun, tentu posisinya perlu diisi. Persentasenya 50 persen lebih untuk memenuhi kebutuhan,” sambung Sugeng.

Ditemui terpisah, Ketua Guru Honor Kaltim Wahyudin mengatakan, jika benar pemkot akan melaksanakan penerimaan, sebaiknya memberi peluang besar kepada guru honor yang sudah lama bertugas. “Mereka sudah puluhan tahun mengabdi di sekolah. Jangan diabaikan,” ucapnya. “Alangkah baiknya perekrutan CPNS untuk guru difokuskan untuk guru honor. Pengalaman mereka sudah teruji,” pungkas Wahyudin. (*/dq/iza/k8)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...