Akibat Nyalakan Rokok di Kasur, Satu Rumah Lenyap

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MUARA TEWEH – Sebuah rumah yang berada di RT 06 Kelurahan Lahei II, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara (Batara), hampir ludes di lahap si jago merah. Kejadian tersebut Selasa (30/1), sekitar pukul pukul 13.45 WIB ketika warga sedang asyik istirahat siang.

Diketahui pemilik rumah berkontruksi kayu yang terbakar bernama Mulyadi. Sementara jumlah penghuni yang ada di rumah itu sebanyak enam orang. Beruntung kala itu api cepat berhasil dipadamkan oleh warga, sehingga tidak sampai merambat ke bangunan lain. Informasi yang dihimpun, si jago merah membakar bagian atap rumah hingga dinding belakang rumah.

Kapolsek Lahei AKP Fri Mayedi yang dikonfirmasi membenarkan kejadian kebakaran tersebut. Penyebab kebakaran diduga kuat disebabkan akibat kelalaian dari anak pemilik rumah yang menyalakan puntung rokok di atas kasur yang terbuat dari bahan kapuk/randu.

Kronologis kejadian saat Ami Mayura anak dari Mulyadi sedang berbaring di atas kasur dan bermalasan-malasan. Kemudian yang bersangkutan menyalakan rokok dengan posisi masih berbaring di atas kasur. Ami tidak menyadari bahwa saat itu kasur di tempatnya berbaring sudah dalam posisi terbakar dimakan api.

“Setelah mengetahui ada api Ami berteriak minta tolong kepada para tetangga disekitar rumahnya, sedangkan api sudah membumbung keatas atap dan membakar sebagian diding dapur yang posisinya bersebelahan dengan kamarnya,”  katanya.

Berkat bantuan para tetangga tidak lebih dari setengah jam api sudah dapat di padamkan.

“Api juga tidak sempat menjalar ke rumah warga lain yang ada disekitar. Akibat kejadian ini pemilik rumah mengalami kerugian material kurang lebih Rp 8.000.000,” pungkasnya. (viv/vin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment