Diduga Tipu Jamaah Umrah, PT Garuda Angkasa Mandiri Dipolisikan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Keberadaan agen perjalanan umrah kembali dipersoalkan oleh masyarakat. Setelah dulu sempat ramai dengan First Travel dan perusahaan lainnya karena menipu jamaahnya, kini masyarakat melaporkan PT Garuda Angkasa Mandiri (GAM).

Perusahaan yang dimiliki Mahfudz Abdullah itu dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh sejumlah jamaah yang merasa ditipu dan dirugikan. Sebab, korbannya sudah cukup banyak dan berasal dari berbagai daerah.

“Kami laporkan di Bareskrim karena korbannya dari berbagai daerah, Papua, Lamongan, Solo, korban banyak,” ujar kuasa hukum para jamaah, Muh Zakir Rasyidin di Bareskrim Mabes Polri, Gambir, Jakarta, Senin (5/2).

Sejatinya, pihak korban masing-masing sudah melaporkan hal ini ke Polda Metro Jaya. Namun, belum juga mendapat kepastian kapan kasus tersebut diusut.

“Makanya kami laporkan ke Bareskrim karena korban kelelahan. Ada yang sampai meninggal dan gila. Bahkan tukang sayur kumpulkan uang bertahun-tahun untuk umrah tapi dibawa kabur,” tegas Zakir.

Dia mengaku, sekitar 500 calon jamaah yang mempercayakan dirinya untuk menangani kasus penipuan itu. Kerugian sampai saat ini ditaksir Rp 30 miliar.

“Kalau ditotalkan sekitar seribuan lebih korban dari 2014, 2015, sampai 2018. Kita sudah pernah coba melakukan negosiasi pihak travel umrah. Tapi sampai hari ini dijanji terus menerus,” tambahnya Zakir.

Dia menyebut, pihak Mahfudz sudah membuat sepuluh pernyataan yang isinya akan mengembalikan uang jamaah. “Tapi hari ini tidak dikembalikan. Kita ingin minta pertangungjawaban pihak-pihak terkait dalam travel,” ucapnya.

Sementara diketahui, usai melaporkan kasus tersebut, Zakir diminta terlebih dahulu berkoordinasi dengan para agen yang menjadi korban. Hal tersebut dimaksudkan agar penanganannya bisa ringkas.

“Akan kami kordinasikan ke sana. Jumlah korban banyak. Saran Bareskrim segera dapat kuasa dari para agen,” tukasnya usai menemui pihak Bareskrim Polri. (Fajar/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...