Misteri Buku Hitam Setya Novanto Seperti Black Box Pesawat

Senin, 5 Februari 2018 - 20:45 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Misteri buku hitam yang selalu dibawa-bawa oleh Terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto mulai terkuak. Buku tersebut kabarnya berisi daftar nama pejabat yang terlibat dalam skandal mega korupsi itu.

Kuasa Hukum Novanto, Firman Wijaya mengatakan buku yang dibawa Novanto ibarat kotak hitam atau Black Box yang paling dicari-cari ketika terjadi kecelakaan pesawat.

“Saya rasa buku hitam yang dibawa oleh Setya Novanto itu ibarat Black’s Box dalam pesawat yang harus dicari saat terjadi kecelakaan pesawat,” kata Firman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (5/2).

Namun Firman mengaku, dirinya tidak mengetahui secara detail alasan kliennya selalu membawa buku berwarna hitam itu ke persidangan.

Firman menjelaskan, di dalam kamus hukum, buku hitam diibaratkan sebagai catatan yang akan menerjemahkkan serta memetakan struktur kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

“Beliau (Novanto) mengambil buku yang bewarna hitam, saya tidak tahu kenapa pilihannya itu.Tapi di dalam kamus hukum, ada yang namanya black’s law dictionary,” ungkap Firman.

Saat ditanyakan apakah ada nama-nama orang penting dalam buku tersebut. Firman justru meminta masyarkat untuk sabar menunggu. Nantinya, mantan Ketua DPR itu akan segera membukanya.

“Saya rasa kita tunggu. Karena posisi Justice Colaborator (JC) ini kan penting dalam instrumen penuntasan kasus ini. Berikan kesempatan pak Novanto dan kuasa hukum bekerja,” pungkasnya. (Fajar/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *