Jadi Titik Tumpu Pembangunan, Alih Fungsi Lahan Sawah Harus Dikontrol

Rabu, 7 Februari 2018 - 07:56 WIB

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari, terjun langsung menghadiri panen perdana dengan luas lahan 6 hektar di Kelurahan Sinyonyoi Kecamatan Kalukku. Pada kesempatan itu ia berharap petani padi mampu mempertahankan lahan sawah, mengingat sektor pertanian merupakan titik tumpu dari berjalannya pembangunan yang ada di Kabupaten Mamuju.

“Selaku Pemerintah Daerah, tentunya menginginkan agar acara pesta panen yang dilakukan kedepannya akan semakin berlanjut. Jangan sampai semakin tahun lahan semakin berkurang,” ujar Wakil Bupati.

Tak lupa, Irwan Pababari mengharapkan pemerintah kecamatan khususnya Kecamatan Kalukku terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan kontrol terhadap adanya alih fungsi lahan sawah. Sehingga tidak terjadi pengurangan dan penyempitan lahan sawah mengingat Kalukku merupakan lumbung padi terbesar di Kabupaten Mamuju.

Sementara, itu Komandan Korem 142 Tatag Kolonel Infantri Taufiq Shobri menyampaikan jajaran Korem melakukan tiga pendampingan kepada para petani. Mengingat 62 persen mata pencaharian masyarakat Mamuju merupakan petani.

“Jajaran korem 142 Tatag yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan penyuluh pertanian melakukan tiga pendampingan. Pertama melakukan pencetakan sawah di Kabupaten Mamuju tahun 2017 sekitar 406 hektar lebih. Kedua menanam, para Babinsa disetiap kecamatan melakukan pengawalan dan pendampingan yang tentunya bekerja sama dengan penyuluh pertanian, dan yang ketiga serapan gabah,” ungkap Danrem 142 Tatag. (bal/sulbarexpress/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.