Telusuri Aliran Dana Hannien Tour, Polisi Cetak Rekening Koran, Ini yang Ditemukan…

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SOLO – Jajaran Satreskrim Polresta Solo terus melengkapi berkas untuk kasus penipuan yang dilakukan oleh PT Utsmaniyah Hannien Tour. Salah satu upaya untuk menelusuri aliran dana yakni dengan melakukan pencetakan rekening koran dari setiap buku tabungan yang berhasil disita.

Dari hasil pencetakan tersebut, polisi mendapati bukti baru terkait jumlah aliran dana yang sudah masuk ke PT Utsmaniyah Hannien Tour.

Kanit IV Satreskrim Polresta Solo, Iptu Sudarmiyanto menjelaskan, dari pengakuan empat tersangka yang berhasil diamankan bahwa uang yang berhasil didapatkan dari Hannien Tour sebanyak Rp 37,8 miliar. Tetapi, setelah dilakukan pencetakan terhadap lima buku tabungan ternyata jumlahnya berbeda.

Dari kelima buku tabungan ditemukan dana mencapai Rp 41 miliar. “Jadi jumlahnya tidak sama dengan yang disebutkan oleh para tersangka, ada selisih beberapa miliar,” katanya kepada JawaPos.com saat ditemui di Mapolresta Solo, Rabu (7/2).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Darmiyanto ini mengatakan, bahwa pencetakan buku tabungan ini tidak hanya untuk melengkapi berkas perkara keempat tersangka yang diantaranya Dirut PT Utsmaniyah Hannien Tour Farid Rosyidin, Bendahara Keuangan, Avianto Boedhy, Direktur Teknik Ilham Ananto dan juga Direktur Operasional Arif Munandar. Tetapi juga untuk menjerat para tersangka dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Kami akan melengkapi berkas secepatnya agar bisa segera dilimpahkan ke Kejaksaan,” ungkapnya. Selain melakukan pencetakan buku tabungan, Satreskrim juga menggandeng ahli hukum pidana dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Pelibatan ahli pidana ini sebagaimana saran dari kejaksaan saat mengembalikan berkas perkara tahap pertama. (Fajar/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...