Doktor Lulusan IPB asal Palopo Buat Drone Pengangkut Barang

Kamis, 8 Februari 2018 - 04:34 WIB
drone untuk angkut barang. (foto: IST)

FAJAR.CO.ID  —  Yulian Paonganan kembali melahirkan karya luar biasa. Doktor kelautan lulusan IPB ini sukses menciptakan drone pengangkut barang.

Sebelumnya, pria asal Palopo, Sulsel ini sukses membuat pesawat tanpa awak jenis fix wings, kemudian drone pemadam kebakaran, drone rescue pembawa pelampung sampai zeppelin drone untuk kegiatan kampanye dan promosi.

Teranyar, Ongen panggilan akrab Yulian Paonganan ini membuat drone kargo yang bisa mengangkat barang yang beratnya bisa mencapai 80kg dan mampu terbang selama 25 menit dalam jarak 5-7 km.

“Indonesia negara besar saya kira membutuhkan drone seperti ini,” katanya.

Ongen menjelaskan, Drone jenis multirotor ini memiliki diameter 200an cm dan cocok untuk mengirim logistik dari satu titik ke titik lain karena hambatan medan.

“Bagi daerah yang tidak memiliki pelabuhan sangat cocok, kapal yang lego jangkar bisa mengirim atau mengambil logistik dari darat atau pulau kecil,” paparnya.

Tidak hanya itu drone itu, kata Ongen, juga bisa digunakan di kawasan pegunungan atau daerah bencana yang akses jalannya terputus.

“Drone ini juga bisa untuk mengirim logistik pemilu di daerah yang medan jalannya sangat sulit,” paparnya.

Diketahui Ongen adalah salah satu pembuat pesawat tanpa awak di Indonesia. Dia sudah pembuat pesawat drone amphibi yang mampu terbang selama 6-8 jam di udara untuk melakukan pemantauan khsusunya di laut.

Belum lama, dia juga membuat drone pemadam kebakaran dan drone penyalamatan kecelakaan di laut.

Drone ini berisikan pelampung yang siap dikirim dalam waktu singkat, sehingga bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa. (rmo/jpnn/fajar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *