Hotel Ambruk Diguncang Gempa, Dua Tewas, Ratusan Terluka

0 Komentar

FAJAR.CO.ID  —  Sebuah hotel di Hualien, Taiwan, ambruk menyusul gempa berkekuatan 6,4 skala Richter, yang melanda 13 mil sebelah utara kota dan pada kedalaman 5,9 mil, menurut US Geological Survey (USGS).

Dua orang dilaporkan tewas dan hampir 200 lainnya cedera. Petugas mengkonfirmasi 186 orang menderita luka-luka dengan banyak orang dilaporkan terjebak dalam bangunan yang roboh.

Ini terjadi beberapa saat sebelum Selasa tengah malam waktu setempat. Gempa terjadi dua kali. Gempa kedua, berkekuatan 5,2, yang menyebabkan kerusakan terjadi beberapa jam sebelumnya. Getaran tersebut mengikuti gempa berkekuatan 6,1 yang melanda pada hari Minggu.

Foto-foto yang dipajang di media sosial menunjukkan pilar-pilar yang menahan Hotel Marsekal di Jalan Gongyuan, Hualien, telah runtuh. Sebuah hotel terpisah yang dikenal sebagai Beautiful Life Hotel juga diperlihatkan miring akibat gempa.

“Presiden [Tsai Ing-wen] telah meminta kabinet dan kementerian terkait untuk segera meluncurkan ‘mekanisme bencana’ dan bekerja pada tingkat tercepat untuk bantuan bencana,” kata kantor Presiden dalam sebuah pernyataan.

Kantor Berita Pusat resmi Taiwan melaporkan bahwa lantai dasar Hotel Marsekal telah runtuh dan orang-orang terjebak di dalamnya. Jalan-jalan juga retak di beberapa bagian.

Beberapa bangunan di Hualien miring setelah gempa. Tim pencari dari daerah lain sejak semalam menuju ke Hualien. (The Independent/amr/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...