Wanita Bercadar di Denmark Didenda Rp 21 Juta

0 Komentar

FAJAR.CO.ID  — Denmark bakal menjadi negara Eropa berikutnya yang melarang penutupan wajah bagi wanita muslim di tempat umum. Ada denda untuk pelanggaran aturan itu.

Siapa pun yang ditemukan menutupi wajah mereka dengan cadar di Denmark akan dikenai denda 1.000 kroner (£ 120 atau sekitar Rp2,1 juta ), atau sampai 10.000 kroner (£ 1.200 atau sekitar Rp21 juta) jika mereka berulang kali tertangkap.

“Ini tidak sesuai dengan nilai masyarakat Denmark atau penghormatan masyarakat agar merahasiakan wajah saat bertemu di ruang publik,” kata Menteri Kehakiman, Soren Pape Poulsen.

Pembatasan tersebut didukung oleh Partai Rakyat Denmark yang merupakan koalisi pemerintah. Ketiga partai dalam koalisi tersebut mengatakan pada Oktober lalu bahwa mereka akan mendukung larangan tersebut. “Di sini di Denmark kami saling menunjukkan kepercayaan dan rasa hormat dengan saling bertemu muka,” tegas Poulsen.

Keputusan ini diperkirakan akan mempengaruhi kurang lebih 200 wanita di Denmark. Perancis, Belgia, Belanda, Bulgaria dan Jerman telah menerapkan pembatasan terhadap cadar wajah penuh Islam di depan umum sejak awal.

Berbagai penutup kepala dipakai oleh wanita Muslim di seluruh dunia. Namun pelarangan di sejumlah negara hanya mencakup penutup wajah. Niqab, yang menutupi wajah dan hanya membiarkan mata terlihat, dilarang. Begitu juga dengan burqa, yang merupakan penutup paling tersembunyi dari semua cadar Islam, dimana hanya menyisakan jaring untuk dilihat. (The Independent/amr/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...