Kacamata Polisi Tiongkok Dilengkapi Perangkat Mirip Smartphone

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Polisi di Tiongkok dibekali teknologi canggih untuk menunjang pekerjaannya. Terlihat sederhana memang, hanya sebuah kacamata, namun bukan kacamata sembarangan.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Kamis (8/2/2018), empat orang petugas kepolisian menggunakan kacamata di sebuah pintu masuk ke stasiun timur Kota Zhengzhou, Tiongkok. Belakangan diketahui bahwa kacamata itu bukan kacamata sembarangan. Kacamata tersebut memiliki teknologi tinggi. Menggunakan teknologi pengenalan wajah, kacamata tersebut mampu untuk menunjukkan tersangka pelaku kejahatan di daerah ramai, termasuk stasiun kereta.

Kacamata canggih tersebut memiliki kamera yang terhubung ke perangkat mirip smartphone. Kemudian memungkinkan petugas untuk mengambil foto individu yang mencurigakan lalu mengirim dan membandingkannya dengan database di kantor pusat kepolisian.

Canggihnya aplikasi yang ada pada perangkat mirip smartphone itu mampu menampilkan informasi penting tersangka, termasuk nama, etnisitas, jenis kelamin dan alamat.

Kacamata itu juga memberitahu petugas apakah tersangka sedang dalam pelarian dari hukum, memberikan alamat hotel tempat mereka menginap dan informasi yang berkaitan dengan penggunaan internet mereka.

Sistem ini merupakan bagian dari upaya Tiongkok untuk membangun sistem pengawasan digital yang lebih luas. Dengan begitu gerakan seluruh populasi manusia di wilayahnya tetap dalam pengawasan aparat berwajib.

Sejauh ini, teknologi tersebut telah membantu polisi menangkap tujuh tersangka yang dituduh melakukan kejahatan. Mulai dari perdagangan manusia, kejahatan jalanan, serta 26 orang lainnya yang terindikasi menggunakan identitas palsu.

Selain kepolisian, nantinya teknologi yang dikenal dengan istilah Face Recognition atau pengenalan wajah itu juga akan ditetapkan di beberapa bidang lainnya, seperti perbankan, transportasi, dan kepengurusan data penting lainnya. (ryn/JPC)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...