FIX! Tahun ini Honorer K2 Diangkat

Minggu, 11 Februari 2018 - 21:31 WIB
JAKARTA, 9/6 - DEMO PERANGKAT DESA. Ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) dari berbagai daerah berunjuk rasa di depan kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Rabu (9/6). Mereka menuntut agar statusnya segera dinaikkan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). FOTO ANTARA/Andika Wahyu/mes/10.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sekitar 400 ribu honorer kategori dua (K2) sebenarnya bisa semuanya diangkat menjadi CPNS jika pemerintah serius.

Pasalnya, pemerintah sebenarnya punya sumber dana untuk membayar gaji 400 ribu honorer K2 jika sudah menjadi CPNS.

Anggota Badan Legislasi DPR RI Bambang Riyanto mengungkapkan, bila pemerintah serius akan menyelesaikan masalah honorer K2, tahun ini seluruhnya bisa diangkat. Tidak perlu beralasan dananya kurang.

“Dananya ada kok. Cukup ambil dari cukai rokok, 400 ribu honorer K2 bisa diangkat sekaligus tahun ini,” kata Bambang kepada JPNN, Minggu (11/2).

Dari perhitungan Bambang, cukai rokok Rp 150 triliun per tahun. Bila diambil 10 persennya saja untuk mengangkat honorer K2 menjadi CPNS, dana yang terpakai hanya Rp 15 triliun per tahun.

Sementara bila gajinya dihitung rata-rata Rp 3 juta per bulan dikalikan 400 ribu orang maka totalnya hanya Rp 1,2 triliun. Sehingga dalam satu tahun dana yang terpakai Rp 14,4 triliun.

“Jadi nggak sulit kan menuntaskan masalah K2? Cukai rokok jangan hanya untuk subsidi iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Honorer K2 juga harus diperhatikan karena mereka itu sudah menghabiskan masa muda hingga tuanya di instansi pemerintah,” beber politikus Partai Gerindra ini. (esy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *