Wasit Asal Indonesia Bakal Bertugas di Liga Champions Asia 2018

Senin, 12 Februari 2018 - 20:35 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Prestasi mentereng ditorehkan wasit asal Indonesia, Thoriq Alkatiri. Pria asal Purwakarta ini masuk dalam jajaran elite wasit AFC dan dipercaya untuk bertugas pada pertandingan Liga Champions Asia 2018.

Dikutip dari situs resmi PSSI, Thoriq akan bertugas pada laga Shanghai SIPG kontra Melbroune Victory di Shanghai Stadium, China, Selasa (20/2/2018) mendatang.

Ini merupakan panggung perdana Thoriq di kompetisi antar klub paling elit di Asia itu.

Selain pertandingan di China, Thoriq juga ditugaskan pada pertandingan pemenang play off antara klub Jepang, Thailand dan Malaysia melawan klub asal Hongkong Kitchee, di Jepang pada tanggal 6 Maret 2018.

Pada dua laga ini, Thoriq akan bertugas sebagai fourth official atau standby referee. Thoriq hanya tinggal menunggu waktu untuk mendapat giliran memimpin pertandingan di Liga Champions Asia.

Thoriq yang saat ini berusia 29 tahun sebelumnya juga pernah menjadi wasit di gelaran Piala AFF U-19 dan U-18. Selain itu ia, pernah menjadi wasit termuda di kompetisi teratas Liga Indonesia.

“Alhamdulillah saya mendapatkan kepercayaan untuk bertugas di Liga Champions Asia. Ini jelas menjadi kebanggaan saya dan menunjukkan bahwa wasit Indonesia juga mempunyai kualitas,” kata Thoriq.

Thoriq sudah menekuni profesi wasit sejak usia 18 tahun. Dalam perjalanan kariernya dia pernah meraih penghargaan wasit terbaik di ajang Indonesia Super League (ISL) 2014.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi saya dan rekan wasit lainnya. Saya juga berharap agar ke depan semakin banyak wasit Indonesia yang mendapatkan lisensi FIFA. Peran PSSI saat ini semakin baik demi terciptanya wasit yang berkualitas.”

“Apalagi PSSI juga telah mendatangkan Toshiyuki Nagi mantan wasit Piala Dunia sebagai Direktur Teknik Wasit, tentu ini hal yang bagus buat kami para wasit,” kata Thoriq.

Masuknya Thoriq dalam jajaran AFC Elite Referee dan dipercaya bertugas pada laga Liga Champions Asia juga merupakan kebanggaan bagi dunia perwasitan di Tanah Air.

Bukan hal yang mudah bagi wasit yang sudah memiliki lisensi FIFA sekalipun untuk bisa masuk dalam jajaran elite wasit AFC. (Fajar/pssi/fat/pojoksatu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *