Fadel Muhammad: Kita Tidak Butuh Impor – FAJAR –
Pertanian

Fadel Muhammad: Kita Tidak Butuh Impor

FAJAR.CO.ID, GORONTALO —  Produksi jagung di Provinsi Gorontalo, ditargetkan menyerap 120 ton per hari tahun ini. Sementara dari target produksi jagung secara nasional ini sekitar 23 juta ton di tahun 2018.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi dalam rapat Koordinasi Pangan berharap target serapan beras dan jagung di Gorontalo yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian bisa terpenuhi.

“Kita sudah petakan untuk Provinsi Gorontalo. Sergap tidak hanya beras, tapi empat komoditas strategis lainya, termasuk jagung,” ujarnya saat memimpin rapat koordinasi Tim Serap Gabah Petani (Sergap) di kantor gubernur Gorontalo, Selasa (13/2).

Agung yang hadir mewakili Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyampaikan, untuk dapat mencapai target yang telah ditetapkan, Ia meminta kepada pihak terkait seperti Perum Bulog, pemerintah daerah, TNI dan BRI untuk dapat menyerap hasil pertanian lokal, khususnya beras.

Dari target tersebut pula, berharap pemerintah mempunyai cadangan jagung nasional. “Cadangan jagung pemerintah baik pusat maupun daerah totalnya 8 persen. Minimal 8 persen, bisa 10 persen. Sisanya ekspor dong, jangan di dalamnya kurang terus kita ekspor-kan gak mungkin,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad juga secara tegas menolak rencana impor jagung.

“Kami di sini mau ekspor, kok di sana ada yang ingin impor. Saya mendukung kerja keras Mentan Amran Sulaiman, yang tidak lelah turun ke lapangan, tolak impor, kita tidak butuh impor,” tegas Fadel.

Dalam Rakor tersebut, turut hadir perwakilan Kodam XIII/Merdeka, Polda Gorontalo, Perum Bulog, BRI, mantan gubernur Gorontalo Fadel Muhammad dan pejabat Dinasi Pertanian tingkat kabupaten dan provinsi. (fat/fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!