LG Rancang Ponsel Lipat Tiga, Desainnya Mirip Origami

Selasa, 13 Februari 2018 - 06:04 WIB
Desain smartphone lipat besutan LG yang memiliki tiga layar sekaligus. (Foto: WIPO)

FAJAR.CO.ID — Brand asal Korea Selatan (Korsel), LG, dikabarkan telah memiliki paten untuk desain ponsel lipatnya. Bukan ponsel lipat seperti pada umumnya, namun menyematkan tiga layar sekaligus pada desain paten yang diajukan.

Terbilang panjang bagi LG untuk dapat memperoleh paten “gila” tersebut. Sebab disebut-sebut bahwa LG telah mengajukannya sejak tahun 2014 silam dan baru dikabulkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) pada akhir tahun 2017 kemarin.

Paten tersebut ditulis dalam bahasa Inggris dan menunjukkan berbagai konsep perangkat yang bisa dilipat dengan beberapa display.

Smartphone lipat LG itu akan memiliki tiga layar sekaligus. Tiga rangkaian ini mengusung konsep layar utama (dengan tombol kamera dan tombol home) di tengah. Sementara ilustrasi lainnya menampilkan layar utama di sisi kiri atau kanan perangkat. Jika dilihat sekilas, desainnya akan mirip dengan kerajinan tangan dari kertas origami.

Selain itu, paten tersebut memuat rincian mengenai jenis layar yang akan digunakan. Bisa jadi tiga display biasa, tapi bisa juga dua display dengan satu layar fleksibel besar. Atau mungkin kesemuanya akan terdiri atas layar fleksibel yang bisa dilipat-lipat sesuai keinginan pengguna.

Selanjutnya, paten tersebut menjelaskan metode operasi untuk perangkat display yang dapat dilipat. Saat ponsel benar-benar dilipat, ketiga layar itu bisa dijadikan layar yang sangat besar. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk membaca dokumen dengan ukuran besar tanpa harus terlalu sering melakukan scrolling.

Begitu smartphone dilipat sebagian maka mode yang berbeda akan diaktifkan. Dalam mode ini, layar ketiga akan menjadi split screen. Artinya pengguna bisa menampilkan satu aplikasi di layar pertama dan kedua (layar fleksibel) dan aplikasi lain pada tampilan ketiga.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman LetsGoDigital, Senin (12/2/2018), hingga saat ini, gambar paten yang beredar belum mampu menunjukan secara rinci ponsel dengan tiga layar itu akan bekerja. Sebab, belum dapat dipastikan pula bahwa LG akan serius membawa patennya itu ke meja produksi. (ce1/ryn/JPC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *