ASN Gowa Paling Banyak Melanggar di Pilkada 2018 – FAJAR –
Pilkada

ASN Gowa Paling Banyak Melanggar di Pilkada 2018

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bawaslu Sulsel menerima seratusan laporan soal dugaan politik praktis aparatur sipil negara (ASN) pada Pilkada 2018. Laporan juga dihimpun dari 12 daerah yang menggelar pemilihan bupati/ wali kota.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengatakan, dari laporan yang masuk, jumlah terbanyak di Kabupaten Gowa, yakni 40 kasus. Menyusul Pinrang, Parepare, dan Jeneponto dengan jumlah belasan. Pelanggarannya berupa keterlibatan ASN pada kegiatan politik kandidat kepala daerah.

“Di daerah yang menggelar pilkada, pasti ada laporan soal keterlibatan ASN. Padahal ASN kelompok masyarakat cerdas pengelola negara, yang seharusnya memberi contoh kepatuhan terhadap hukum,” kata Laode.

Ia menyebutkan, ASN yang dilaporkan rata-rata sudah diproses dan ditindaki dengan sanksi disiplin. Sanksi ini terbilang ringan karena pilkada belum masuk tahapan kampanye.

Saat masa kampanye yang dimulai 15 Februari, Laode mengingatkan bahwa sanksi bagi ASN yang berpolitik praktis lebih berat. Mereka yang mengkampanyekan salah satu pasangan calon atau mengambil kebijakan yang menguntungkan kandidat kepla daerah, bisa terkena hukum pidana.

“Ancaman hukumannya antara satu sampai enam bulan penjara. Bahkan juga bisa dikenai sanksi pemberhentian sebagai ASN,” tambahnya. (taq)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!