Barang Selundupan dari Malaysia ini Bikin Heran Petugas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PONTIANAK- Jika selama ini barang elektronik dan berbahaya yang jadi selundupan dari negara tetangga, Malaysia kali ini malah berbeda. Uang diselundupkan yaitu sayur- mayur.

Sebanyak 250 kotak wortel, kentang dan sawi putih ilegal dari Malaysia disita anggota Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak, di kawasan Pasar Flamboyan, Jalan Pahlawan, Kecamatan Pontianak Selatan, Kamis (8/2).

Diberitakan Rakyat Kalbar, pengungkapan kasus ini ketika Muhaimin, sopir truk bernopol KB9075 BA ini hendak memasukkan truknya yang bermuatan sayur mayur itu ke area pasar. “Sebelum sayur ini diperjualbelikan, anggota menyergap dia di parkiran Pasar Flamboyan,” kata Kasat Reksrim Polresta Pontianak, Kompol Muhammad Husni Ramli kepada sejumlah wartawan, Jumat (9/2).

Kepada petugas, Muhaimin mengaku sayur mayur ini milik Au. Dia pun diminta untuk menunjukkan gudang penyimpanan sayuran ini.  “Sebagian wortel, kentang dan sawi putih ini disimpan di gudang milik Rudyanto di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara,” jelas Husni.

Setelah itu, petugas kemudian mendatangi Au dan memintanya untuk menunjukkan segala dokumen yang berkaitan denga sayur-mayur ini. Salah satunya dokumen Karantina. “Dia tidak bisa menunjukkan dokumen. Jadi, dia dan barang bukti diamankan di Mapolresta Pontianak,” tegas Husni.

Untuk Rudyanto dan Muhaimin, dikatakan Husni, hanya dijadikan sebagai saksi. Lantaran mereka hanya sopir dan pemilik gudang. “Sementara untuk Au setelah kita lakukan pemeriksaan, kita tetapkan dia sebagai tersangka,” ujarnya.

Saat ini, Au masih terus diperiksa untuk dilakukan pengembangan kasus. Dia dijerat pasal 31 ayat (1) UU RI No 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. (Zrn/rk)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...