Mentan Amran Panen 1,5 Juta Ton Jagung di Gorontalo – FAJAR –
Pertanian

Mentan Amran Panen 1,5 Juta Ton Jagung di Gorontalo

FAJAR.CO.ID, GORONTALO – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menghadiri acara Panen Raya di Provinsi Gorontalo, Rabu (14/2) siang. Dalam acara tersebut, Amran melakukan panen jagung secara simbolis seluas 336 hektar  di Desa Dunggala, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Memang di tahun 2017 produksi jagung di Gorontalo mengalami peningkatan cukup signifikan yang mencapai 70,31 persen atau setara 1,5 juta ton. Sementara jumlah produksi jagung tahun sebelumnya hanya mencapai 900 ribu ton. Jika diasumsikan harga jagung Rp. 3.150 seperti yang telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres), maka setidaknya jumlah komoditas produksi jagung mencapai Rp. 4 triliun

“Pendapatan masyarakat Gorontalo jadi bertambah Rp. 4 triliun karena peningkatan produktivitas jagung. Jumlah tersebut tentu masih bisa ditingkatkan dua kali lipat menjadi Rp. 8 triliun,” kata Amran.

Amran pun memuji kerja para petani di Gorontalo. Pasalnya, para petani bisa menghasilkan produksi jagung melebihi target yang sudah ditetapkan tahun lalu oleh Kementerian Pertanian sebesar 1,2 juta ton. Tak sungkan, Amran dalam kesempatan tersebut memuji kinerja para petani dalam upaya meningkatkan produksi komoditas jagung.

“Padahal dulu produksi jagung Gorontalo hanya 300 ribu ton. Kini bisa 1,5 juta ton. Lompatan yang luar biasa,” ungkap Amran. (fat/fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!