Modusnya Minta Sumbangan, Padahal yang Diincar Motor

Rabu, 14 Februari 2018 - 09:49 WIB

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN – Masyarakat di Jalan Gerilya Kompleks Graha Mahatama,  Banjarmasin Selatan, lega. Pencuri yang sering  menyatroni rumah warga di sana berhasil ditangkap. Pelaku saat beraksi,  Sabtu (10/2) pukul 09.30 Wita, tanpa disadari terekam CCTV.

Dalam rekaman CCTV, pelaku mondar-mandir dan berpura-pura menjadi pencari sumbangan.  Dia mengenakan baju koko. Begitu melihat sebuah kendaraan dengan kunci masih menempel, ia melepas baju koko dan mengenakan kaus.

Untuk memastikan lingkungan aman,  dia berpura-pura kencing di ujung pagar pemilik kendaraan Scoopy.  Setelah yakin, kendaraan itu langsung dibawa kabur arah keluar kompleks.

Ketua RT 25, Fathur menceritakan,  dalam seminggu terakhir ini sudah dua kali warga kehilangan sepeda motor. Kebetulan saja pelaku saat beraksi terekam CCTV pemilik kendaraan yang ada di seberang rumah.

“Setelah kami lihat rekaman CCTV, pelaku kami kenali. Satu jam kemudian, warga serta wakar di kompleks langsung mendatangi rumahnya di Jalan Gerilya,  Gang Bambu dan membawa pelaku ke kompleks,” ungkapnya.

Awalnya pelaku yang mengaku bernama Johan berkelit dengan tudingan warga. Namun setelah diperlihatkan rekaman CCTV,  akhirnya dia tak bisa berbuat apa-apa. Bahkan warga yang geram sempat menghakiminya karena saat dinterogasi berbelit-belit dan berkilah.

“Setelah itu pelaku langsung kami serahkan ke Polsekta Banjarmasin Selatan, dan diamankan di sana,” ucapnya.

Kapolsekta Banjarmasin Selatan,  Kompol Nazamuddin Bustari tak menyangkal kalau ada pelaku pencurian kendaraan Honda Scoopy, diamankan di markasnya. “Sempat diamankan di Polsek, tapi pemiliknya ternyata sudah lapor  ke Polresta,” jawabnya.

Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin,  AKP Ade Papa Rihi membenarkan pihaknya telah mengamankan pelaku ketika dikonfirmasi Radar Banjarmasin Senin (12/2). (lan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.