Usai PM Israel, Giliran Presiden Palestina Temui Vladimir Putin

Rabu, 14 Februari 2018 - 00:23 WIB
Mahmoud Abbas dan Vladimir Putin. (Foto: Net)

FAJAR.CO.ID — Presiden Rusia, Vladimir Putin, sibuk menjamu dua kepala negara bertetangga dalam waktu berdekatan. Dua hari setelah kunjungan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, giliran Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, yang bertandang.

Mahmoud Abbas berkunjung ke Rusia, kemarin. Para ahli melihat kunjungan tersebut sebagai upaya Palestina mengamankan dukungan Rusia terkait Yerusalem.

Kunjungan Abbas ke Rusia hanya berselang dua pekan usai Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu Presiden Vladimir Putin pada 29 Januari lalu.

“Kunjungan Abbas ke Rusia dapat dilihat sebagai sebuah upaya pendekatan diri pada negara yang juga menjadi se­kutu Palestina yang konsisten,” kata Alexander Shumilin, ilmu­wan Timur Tengah di Institute for US and Canadian Studies.

Namun, Shumilin menilai kunjungan Abbas tidak akan menghasilkan terobosan baru.

Belum lama ini, Netanyahu mengunjungi Rusia dan ber­sama Putin menghadiri peringatan untuk korban kamp Nazi yang digelar di museum Yahudi di Moskwa.

Pada kesempatan itu, Netanyahu berusaha meyakinkan­nya bahwa Iran ingin “meng­hancurkan” negara Yahudi tersebut. Putin pun mengata­kan, Rusia dan Israel akan terus bekerja sama dalam upaya melawan segala bentuk tindakan yang ingin memalsukan sejarah. (rm)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *