Gandeng Pelindo IV, Selayar Segera Miliki Pusat Logistik

Kamis, 15 Februari 2018 - 21:22 WIB

MAKASSAR — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar terus bekerja memaksimalkan potensi alam yang dimiliki. Sejumlah kerja sama proyek raksasa telah ditandatangani. Sebentar lagi daerah kepulauan ini akan menjadi salah satu pusat infrastruktur terbesar di Indonesia.

Terbaru, Pemkab Kepulauan Selayar melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Persero di Makassar, Kamis, 15 Februari.

Penandatanganan MoU yang dilakukan Bupati Basli Ali dan Direktur Pelindo IV, Doso Agung terkait rencana pembangunan Kawasan Khusus Industri Jasa Logistik di Selayar.

Menurus Doso, dipilihnya Kepulauan Selayar karena posisi geografis yang sangat menguntungkan. Daerah ini pernah menjadi pusat perdagangan yang dilalui kapal kapal Portugis di masa lalu. Artinya, sangat tepat jika pusat logistik dan energi kembali dihidupkan di daerah tersebut.

“Selayar berada tepat di tengah-tengah Indonesia. Untuk pusat energi bisa menampung hasil migas dari Blok Masela dan Blok Sulbar. Jasa pergudangan juga bisa dikembangkan,” jelas Doso.

Diakui Doso pihaknya juga tertarik dengan keseriusan Pemkab Kepulauan Selayar untuk mengembangkan potensi daerahnya. Ini seiring dengan program pemerintah membangun sinergitas antara BUMN, BUMD, investor, dan pemerintah setempat.

“Setelah MoU ini kami akan segera melakukan survei dan mencari wilayah yang cocok untuk membangun pusat logistik dan pendukung lainnya,” jelas Doso.

Menurut Basli, pihaknya sdh menyiapkan lahan yang cukup untuk dibanguni berbagai fasilitas pendukung. Jika pusat logistik nantinya terwujud, makin lengkaplah berbagai fasilitas yang dimiliki daerah ini.

“Proses pembangunan kawasan khusus pariwisata sudah berjalan. Jadi nantinya akan saling melengkapi dan membuat investor semakin nyaman berinvestasi di Selayar,” jelas Basli. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.