Polisi Bongkar Sindikat Penipuan Sewa-menyewa Kapal Tongkang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN – Pelaku penipuan yang beroperasi di dunia maya berhasil dibekuk personel Buser Polsekta Banjarmasin Utara. Ia menggunakan modus berkedok sewa-menyewa tongkang dan tugboat.

Dalam aksinya,  pelaku mempunyai blog untuk meyakinkan calon korban. Di blog dengan nama Wan Waniwan, isinya tentang perusahaan jasa sewa-menyewa armada angkutan di perairan ini berisikan foto-foto tongkang dan tugboat.

Petugas menciduk Carlo Gernando (43) alias Riduan Setyawan,  warga Jalan Perum Green Park Cluster De Wood No 6 RT 1, Kelurahan Jati Melati,  Kecamatan Pondok Melati,  Kota Bekasi, saat berada di Kafe Copas di kawasan Jakarta Selatan, 23 Januari 12.30 WIB. Polisi juga  menyita dua buah handphone dan laptop pelaku.

Awal cerita,  Rabu 6 Desember 2017, Polsekta Banjarmasin Utara menerima laporan dari M Ariza Darmawan,  manajer di PT Global Samudera Borneo. Ia mengaku mengalami kerugian senilai Rp341 juta,  karena sewa  menyewa tongkang yang ternyata fiktif.

Untuk meyakinkan korban,  pelaku  mengaku bernama Riduan Setiawan,  selaku manajer di PT Tapa Samudra Mas, perusahaan  jasa yang menyediakan sewa menyewa tugboat  dan tongkang.

Antara pelaku dan korban bernegosiasi dan transaksi melalui internet dan telepon. Segala urusan berkas perjanjian kontrak dikirim lewat email. Begitu kesepakatan terjadi,  korban diminta untuk mengirim uang melalui transfer bank. Namun setelah beberapa waktu dinanti,  tongkang yang diminta tak kunjung sampai.

Kapolresta Banjarmasin,  Kombes Pol Anjar Wicaksana didampingi Kapolsekta Banjarmasin Utara,  Kompol Madyo Pranowo, Selasa (13/2) sore, menjelaskan bahwa untuk mengungkap laporan ini perlu penyelidikan mendalam.

Personel hampir dua bulan mencari keberadaan pelaku, hingga akhirnya berhasil ditangkap di Jakarta. Ternyata, laporan terhadap Carlo juga ada di Polres Bogor. Dengan modus yang sama.

Kombes Pol Anjar mengimbau agar masyarakat yang bergerak di bidang usaha seperti itu agar lebih berhati-hati dengan modus penawaran penyewaan tongkang dan tugboat. Harus teliti dulu sebelum transaksi. (lan)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...