Siap-siap, Disini Butuh 1.563 Tenaga Kerja Baru

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN – Kabar baik untuk para pencari kerja di Balikpapan. Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-121 Kota Balikpapan, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Balikpapan menggelar Job Market Fair (JMF) atau pameran bursa kerja selama dua hari, Rabu (14/2) hari ini dan Kamis (15/2) besok. Mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita. Event ini juga akan dirangkai seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang digelar panitia Bulan K3.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Balikpapan Rosdiana menjelaskan, hingga Senin (12/2) lalu, sudah ada 47 perusahaan yang mendaftarkan diri. Total ada 158 jabatan yang dibutuhkan dengan jumlah lowongan sebanyak 1.563 orang. Lihat grafis.

“Harapan kami, seluruh pencari kerja dapat mengisi lowongan yang tersedia di JMF Februari ini. Datang ke Gedung Kesenian Balikpapan, tempat berlangsungnya acara JMF,” kata Rosdiana.

Dia menambahkan, jenis perusahaan yang paling banyak bergabung adalah sektor perdagangan, rumah makan, dan perhotelan. Sementara jumlah tenaga kerja yang paling banyak dibutuhkan adalah untuk sektor penunjang migas dan pertambangan.

Sementara itu, Ketua Umum Bulan K3 Nasional Kota Balikpapan sekaligus Ketua Harian Panitia K3 Provinsi Kaltim Amri Muharram menjelaskan, memasuki Bulan K3, rangkaian event tahunan kembali akan digelar. Ini sudah menjadi event tahunan yang berturut-turut digelar selama enam tahun terakhir di Balikpapan.

“Baru Balikpapan yang secara terus-menerus melalukan event K3 selama enam tahun berturut-turut. Itu keunggulan Balikpapan, di mana pemerintah, masyarakat, dan perusahaan sangat peduli K3,” terangnya.

Pria yang bekerja di PT Bina Nusantara ini melanjutkan, rangkaian event K3 dimulai dengan seminar bersamaan dengan digelarnya JMF di Gedung Kesenian Balikpapan. Kemudian, selama sebulan juga ada rentetan event, seperti Balikpapan Fire Rescue Challenge, di mana tim-tim yang bergerak di bidang kedaruratan akan berkumpul, silaturahmi, sekaligus berkompetisi.

Selain itu, akan digelar kontes pemilihan duta K3 dari berbagai unsur baik pekerja, mahasiswa, dan pelajar. “Dari beberapa peserta, nanti kita pilih berdasarkan bagaimana presentasi mereka mengenai K3,” imbuhnya.

Sesuai dengan tema tahun ini, Melalui K3 Menuju Bangsa yang Berkarakter, diharapkan karakter warga berubah. Yang mana selama ini menunggu ada kejadian baru ditanggulangi, harus diubah ke arah lebih preventif. Yaitu mencegah agar tak terjadi kecelakaan kerja.

Khusus untuk warga Balikpapan, dia mengapresiasi kesadaran masyarakat akan K3. Di mana pada saat seminar tahun pertama hanya diikuti 100 peserta, lalu tahun kedua 200 peserta, terus meningkat hingga tahun keenam ini akan diikuti sampai 900 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja dan perusahaan.

“Kami harap, para pencari kerja yang ikut JMF juga mengikuti seminar. Sehingga ketika masuk dunia kerja sudah paham sedikit soal K3,” pungkasnya. (rsh/one/k15)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1

Comment

Loading...