Sudah Rampung, Kominfo Serahkan Dashboard Taksi Online ke Kemenhub

Kamis, 15 Februari 2018 - 06:02 WIB

FAJAR.CO.ID — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akhirnya merampungkan platform untuk angkutan sewa khusus. Kini hasil kustomisasi digital tersebut telah diserahkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan, hari ini surat hasil finalisasi digital dashboard sesuai yang telah disepakati Senin (12/2) lalu, telah dikirimkan Kemenkominfo kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

“Dalam surat tersebut terlampir petunjuk atau manual serta kode otorisasi akses untuk Ditjen Hubdat dan beberapa Dinas Perhubungan Provinsi,” jelas Semuel berdasarkan keterangan pers yang diterima JawaPos.com, Rabu (14/2/2018).

“Sejak kemarin digital dashboard sudah diselesaikan sebenarnya. Digital dashboard tersebut dikembangkan dari mock-up yang telah ditampilkan pada rapat tanggal 2 Februari 2018 yang dihadiri oleh Menteri Kominfo dan Menteri Perhubungan,” imbuh pria yang akrab disapa Semmy itu.

Dia menambahkan, sebagai sebuah aplikasi digital maka dashboard ini selalu dikembangkan dan dimutakhirkan sehingga masukan-masukan dari kalangan Dinas Perhubungan sangat diperlukan. Begitu juga dengan data yang harus ditampilkan dalam digital dashboard. Data atau informasi yang benar-benar dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian oleh Dinas Perhubungan.

“Sementara masukan yang dari kalangan Dinas Perhubungan belum banyak. Kami berharap masukan-masukan dari kalangan Dinas Perhubungan untuk pengembangan digital dashboard secara terus-menerus. Juga berkenaan dengan data agar dicermati data apa saja yang dibutuhkan. Untuk kali ini kami pertimbangkan tidak menampilkan data nomor telepon pengemudi karena sangat melindungi data pribadi para pengemudi,” jelas Semmy.

Sebelumnya diberitakan bahwa Kemenhub meminta Kemenkominfo untuk segera menuntaskan penyediaan dashboard guna memantau operasional taksi online. Hal tersebut sesuai mandat dari Peraturan Menteri Perhubungan (PM) 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang mengatur tentang angkutan sewa khusus. (ce1/ryn/JPC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.