Tuding Pemerintah Dituding Serobot Lahan, Warga Sidrap Blokir Jalan Lingkar

FAJAR.CO.ID, SIDRAP – Puluhan warga Desa Uluale, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten , Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), memblokade Jalan Lingkar. Mereka bahkan menghentikan aktivitas proyek jalan di wilayah tersebut.

Mereka memprotes kebijakan pemerintah setempat, yang ia nilai telah melakukan penyerobotan tanah warga untuk pembangunan sebuah Jalan.“Kami tidak terima hak kami dijadikan sasaran,” kata Mustafa, salah seorang pemilik lahan.

Mustafa menjelaskan, aksi itu terpaksa dia lakukan demi menuntut haknya sebagai pemilik lokasi.“Tanah ini adalah hak kami. Ada dokumen resmi yang kami pegang sejak puluhan tahun sampai sekarang,” katanya.

Namun belakangan, kata dia, pihak pemerintah setempat mengklaim lalu melakukan aktifitas pembangunan proyek jalan, atas dasar lokasi tersebut sudah di bebaskan.

“Jadi, kami protes karena kami tidak pernah tahu kalau lokasi kami tiba-tiba di bebaskan. Secara legaltias itu hak kami. Ini ada penyerobotan secara sepihak,” kesal dia.

Dia menuding, pihak pemerintah setempat melakukan konspirasi untuk mengusai lahan seluas hampir lima hektar tersebut. Dia juga mendesak Kepala Kecamatan untuk memenuhi janjinya yang akan menyelesaikan persoalan itu secepatnya.

“Kami tidak terima, walaupun kami ini orang kecil kami tetap tuntut hak kami. Kami minta pemerintah bertanggungjawab. Ini semena-mena namanya,” ungkapnya.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...