Didakwa Lakukan Penggelapan, Politikus PDIP Divonis Bebas

Jumat, 16 Februari 2018 - 03:13 WIB

FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Politikus PDIP Perjuangan yang juga merupakan mantan anggota DPRD Kota Baubau periode 2009-2014, Rais Jaya Rachman akhirnya divonis bebas setelah menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Kota Baubau, Kamis (15/2).

Dalam kasus tersebut, Rais didakwa dengan 2 pasal, yakni pasal 372 dan 378 tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap pengusaha Try Suyono. Sidang tersebut dipimpin oleh Hika De Asril selaku Hakim Ketua dan Wahyu serta Muhajir yang masing-masing sebagai Hakim Anggota.

Imam Ridho Angga Yuwono selaku Kuasa Hukum Rais Jaya Rachman mengatakan kasus yang menimpa kliennya itu awalnya bergulir sejak tahun 2015 silam. Rais dituding melakukan penggelapan dana operasional pengurusan izin pemanfaatan kayu di Kabupaten Buton Selatan yang menelan anggaran Rp. 5.750.000.000 miliar.

“Sementara izinnya keluar dan dinyatakan sah oleh Mahkamah Agung. Hasil putusan hakim juga korban dalam hal ini Try Suyono terbukti melakukan pengolahan kayu diatas izin itu. Dari hasil pengolahan kayu itu, klien kami Rais seharusnya diberikan keuntungan sekitar Rp. 6,8 miliar. Setelah dihitung, masih ada kekurangan Rp. 1,1 miliar dari jumlah Rp. 5,7 miliar,” kata Angga melalui sambungan Whatsappnya, Kamis (15/2).

Lebih lanjut, seharusnya juga kekurangan uang Rp. 1,1 miliar tersebut dibayarkan kepada Rais sebagai keuntungan yang diterimanya dari hasil pengolahan kayu yang dilakukan oleh Try Suyono. “Kekurangan Rp. 1,1 miliar disebutkan dalam putusan perdata tapi jaksa justru mengabaikan hal itu. Kini persoalannya masih dalam proses kasasi di Mahkamah Agung,” tambahnya.

Angga menegaskan sejak ditunjuk sebagai kuasa hukum dari Rais percaya diri bahwa kliennya itu akan terbebas dari persoalan hukum yang ditudingkan. Alasanya, perkara tersebut masih berkaitan dengan Hukum Tata Negara dan Perdata, dan seluruh proses hukum Tata Usaha Negara dan Perdata telah dilewati dan berakhir dengan kemenangan di pengadilan tingkat pertama.

“Alhamdulillah, pada persidangan pidana kali ini, Rais dinyatakan bebas. Terima kasih kepada Pengadilan Negeri Baubau dan Majelis Hakim yang memeriksa dan memutuskan perkara ini dan telah memberikan rasa keadilan bagi klien kami, Rais Jaya Rachman,” tutupnya. (Fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *