Siapkan Dana Rp2,2 Miliar, Pemkab Gowa Genjot Peningkatan 20 Destinasi Wisata

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, GOWA — Sebanyak 20 destinasi terus digenjot peningkatannya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa. Anggaran yang disiapkan Rp2,2 miliar di 2018.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, keseluruhan destinasi wisata itu terdiri dari wisata sejarah, budaya, alam, dan buatan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, Sophian Hamdi, mengatakan, anggaran tersebut untuk pembenahan sebesar Rp1,2 miliar. “Sumbernya dari DAK APBN pusat,” ujarnya, kemarin.

Untuk pembenahan itu, kata Sophian, objek wisata yang dibenahi seperti Hutan Pinus Malino dan Air Terjun Takapala. “Kita juga rencana untuk membenahi air terjun cinta yang lokasinya sekitar wilayah itu,” ungkapnya.

Kata dia, pembenahi demi mendukun event yang kembali akan diselenggarakan, salah satunya Beatiful Malino. Saat ini sudah masuk kalender event nasional. Untuk itu Pemkab Gowa menganggarkan khusus event sebesar Rp1 miliar. “Baik itu diselenggarakan di tempat bersejarah, wisata alam maupun destinasi lainnya.

Pemkab juga menganggarkan Rp25 juta pemeliharaan dan kebersihan untuk objek wisata lainnya.

Peningkatan destinasi wisata digenjot lantaran sangat menarik wisatawan. Di tahun 2017 jauh meningkat dibanding 2016 lalu. Wisata domestik secara keseluruhan mencapai 232.225 sementara untuk wisata mancanegara sebanyak 2.481.

“Jadi total jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara 234.706 atau 218,87 persen. Berbeda dari tahun sebelumnya 180.988 orang atau 179,88 persen,” katanya lagi.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyampaikan, selain menghadirkan inovasi-inovasi pihaknya menegaskan serius mengelola potensi wisata. “Perkembangan daerah kita akan dilihat dari situ, dan itu identitas kita,” tuturnya. (sal)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...