Robot dari Bahan Bekas Sabet Juara NF Fair 2018

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Plant Watering Robot atau bila diterjemahkan secara bebas berarti Robot Penyiram Tanaman, tampil sebagai juara satu lomba robotik dalam Nurul Fikri (NF) Fair 2018. Lomba berlangsung di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri Makassar pada Sabtu (17/2/2018).

Robot ini dibuat oleh Syafila Firdha Nafeeza, murid SDN Kompleks IKIP 1, Makassar. Menariknya, Plant Watering Robot yang dirancang terbuat dari bahan bekas. Biaya pembuatan Rp 500 ribu.

Tampil sebagai juara 2 adalah tim robotik SDIT Nurul Fikri Makassar dengan robot “Tempat Sampah Pintar”. Selanjutnya, juara 3 diraih oleh Syauqiy Fatih Ananda Anugrah dari SD Inpres Hartako Indah dengan robot “Jemuran Transformer”. Adapun robot “Magic Lamp” yang dibuat oleh tim SDIT Nurul Fikri B, meraih juara harapan.

Kepada para pemenang diberikan hadiah berupa piala, uang pembinaan dan sertifikat, yang diserahkan oleh Juswendi Jufri, ketua panitia.

Pemenang lomba robotik Nurul Fikri (NF) Fair 2018. (Foto: IST/FAJAR.co.id)

Rasa bangga atas tampilan peserta diutarakan oleh tim juri dan Direktur Pendidikan SIT Nurul Fikri Makassar. Tim juri, Rahmat Purnomo dari PT. Dimarco dan Imran dari BLK Makassar mengapresiasi penampilan para peserta robotik.

“Sangat membanggakan. Para peserta punya talenta dan minat yang besar pada bidang robotik. Masih kecil tapi sudah kreatif dan berjiwa solutif” ungkap Rahmat Purnomo yang diiyakan oleh Imran.

Robotik adalah cabang ilmu kekinian yang terus berkembang. Memberikan perhatian dan respon yang sebanding adalah keniscayaan untuk para pelajar zaman sekarang.

“Kita menghadirkan lomba robotik dalam NF Fair 2018 sebagai respon atas kemajuan kekinian yang terus bergerak. Sains dan robotik berkelindang sama cepatnya. Dan NF Fair 2018 mencoba hadir untuk mengingatkan bahwa para pelajar muda Indonesia harus menguasai dua keilmuan tersebut” pungkas Khalqi Abbas Manggala, Direktur Pendidikan Nurul Fikri, seusai penyerahan hadiah. (rls/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar