Akhir Pekan di Gunung Latimojong, Menyenangkan Plus Menegangkan

Minggu, 18 Februari 2018 - 09:45 WIB

Alam bebas memang menjadi tempat untuk melepas kepenatan dari riuhnya kota. Sebagian orang memilih mendaki gunung sebagian destinasinya, entah untuk bersantai dari setumpuk pekerjaan atau hobi dari mereka.

=======================

SYAMSUL ALAM
ENREKANG

=======================

Salah satu destinasi alam bebas yang ditawarkan Sulsel yakni gunung Latimojong. Berada di ketinggian sekitar 3478 mdpl, gunung Latimojong terletak di kabupaten Enrekang.

Selain itu, akses menuju gunung tersebut lumayan jauh karena butuh waktu 10 jam perjalanan dari kota Makassar ke kota Enrekang. Kemudian, anda akan melewati pasar Cakke menuju ke desa Baraka.

Nah, di desa Baraka inilah biasanya para pendaki membeli kebutuhan seperti konsumsi atau lainny.

“Kita beli kebutuhan dulu sebelum ke Karangan,” singkat Eno selaku leader.

Setelah dari desa Baraka, akses terakhir menuju gunung Latimojong yakni desa Karangan. Perjalanan tersebut akan sangat berat, karena akses jalannya rusak dan harus ditempuh sejauh 20 km. Masyarakat di sana juga menyediakan angkutan seperti Jeep namun biayanya agak mahal.

Saat tiba di desa Karangan, pendaki harus melapor atau mendata diri. Hal ini perlu, jika dalam perjalanan terjadi hal-hal di luar dugaan,”Kita registrasi dulu sekaligus melapor,” kata Eno saat tiba di desa Karangan.

Perlu diketahui, jalur pendakian di gunung Latimojong ada 7 post. Setiap post memiliki karakteristik yang berbeda. Di pos 1 sendiri memiliki dataran yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Kemudian di pos 2 ada air terjun.

Dari pos 2 menuju pos 3 inilah menjadi bagian tersulit, karena memiliki medan yang terjal. Tapi itu tak berlangsung lama, karena pos 3 ke pos 4 jalurnya lumayan datar.

Sayangnya, kami hanya sampai di pos 5 dan tidak melanjutkan perjalanan sampai puncak. Itu karena persediaan kami mulai menipis dan hujan yang terus mengguyur selama kami berada di pos 5. Tapi hal yersebut terbayar dengan keindahan alam gunung Latimojong. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *