Bergabungnya Raja Gowa ke Prof Andalan Bakal Gerus Suara IYL-Cakka

Senin, 19 Februari 2018 - 14:34 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bergabungnya Raja Gowa ke-37 Andi Maddusila Andi Idjo ke barisan pendukung Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman (Prof Andalan) bakal menggerus basis suara pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar (IYL-Cakka) di Kabupaten Gowa yang selama ini dipercaya menjadi basis pasangan tersebut. Maklum, Ichsan pernah menjabat Bupati Gowa dan kini diteruskan oleh anaknya Adnan Purichta Ichsan.

“Bisa memecah basis dukungan IYL-Cakka di Gowa. Pasangan Prof Andalan bisa mendapatkan 60 persen dari total suara Maddusila saat dia mengikuti Pilkada Gowa 2015,” ujar Zulhajar, pengamat politik Universitas Hasanuddin, Senin (19/2/2018).

Menurut Zulhajar, Maddusila selaku pemimpin keluarga besar Kerajaan Gowa memiliki pengikut dan pendukung setia hingga di pelosok Gowa. Oleh sebab itu sangat wajar jika dukungan Maddusila ke Prof Andalan bakal mengganggu basis suara IYL-Cakka di Gowa.

Seperti diketahui, pada Pilkada Kabupaten Gowa 2015, Maddusila yang berpasangan dengan Wahyu Permana memperoleh suara sebanyak 97.648 suara. Sementara Adnan Purichta Ichsan, anak IYL yang menjadi pemenang menangguk 151.234 suara. Sementara kakak IYL yang juga ikut bertarung, Tenri Olle Yasin Limpo memperoleh 95.136 suara.

Pada Minggu kemarin, Andi Maddusila menyatakan dukungannya pada Prof Andalan usai melakukan pertemuan dengan Cawagub Andi Sudirman di kediaman Maddusila, Kompleks Bumi Permata Hijau, Makassar. Dukungan diberikan karena Maddusila menginginkan pemimpin baru yang mumpuni, amanah dan bisa jadi andalan warga Gowa dan Sulsel. Juga karena ternyata Andi Sudirman Sulaiman masih kerabat keluarga Kerajaan Gowa. Baik Maddusila maupun Andi Sudirman masih keturunan Sultan Hasanuddin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.