Prabowo Masih Uji Loyalitas Anies di Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pengamat politik Ari Junaedi megatakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jika kelak tak mencalonkan diri pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 tak akan serta-merta memberikan tiket pencalonan ke Gubernur DKI Anies Baswedan. Dalam analisis Ari, justru saat ini Prabowo sedang menguji loyalitas Anies.

"Jadi saya kira bekas Danjen Kopassus ini (Prabowo, red) masih akan menguji loyalitas Anies di Jakarta terlebih dahulu, sebelum kemudian menentukan pilihan,” ujar Ari kepada JPNN, Sabtu (19/2).

Dosen di Universitas Indonesia (UI) itu menambahkan, Prabowo pasti juga akan berhitung soal peluang jika kelak mengusung Anies. Selain itu, tantangan lainnya adalah menghimpun logistik untuk mengusung calon di pilpres.

“Dibutuhkan dukungan logistik dan amunisi untuk modal kampanye. Kemudian, juga harus mempertimbangkan dukungan faktor eksternal," pungkas Ari

Di sisi lain, kata Ari, saat ini Anies bukanlah satu-satunya tokoh yang memiliki elektabilitas lumayan. Sebab, ada pula tokoh lain seperti Hidayat Nur Wahid ataupun mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang juga bisa dielus-elus menggantikan Prabowo di Pilpres 2019.

"Saya kira semua skenario siapa yang menjadi putra mahkota Prabowo bisa saja terjadi. Tidak hanya Anies, bisa juga mendorong Hidayat Nurwahid maupun Gatot. Intinya, baik Prabowo maupun Gerindra pasti akan berhitung untung ruginya," ulas Ari.

Mantan wartawan itu menambahkan, masyarakat boleh saja menilai peluang Anies lebih besar dibanding beberapa nama lainnya. Namun, kata Ari menambahkan, Anies bukanlah kader Gerindra.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hariman Kaimuddin


Comment

Loading...