Bantah Dukung NA-ASS, Jubir: Keluarga Kerajaan Gowa Loyal di NH-Aziz

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Juru Bicara Keluarga Kerajaan Gowa, Andi Baso Machmud Karaeng To Mailalang Lolo, membantah isu pengalihan dukungan keluarga kerajaan dari pasangan calon gubernur/wakil gubernur Sulsel Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) ke pasangan Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (NA-ASS). Ia memastikan kebohongan isu yang beredar di sejumlah media terkait peralihan dukungan tersebut.

Mantan Plt Bupati Gowa ini mengatakan, pihaknya telah melakukan klarifikasi secara langsung kepada Raja Gowa ke-37 Andi Maddusila A Idjo terkait isu pengalihan dukungan tersebut. Hasilnya, secara institusi Kerajaan Gowa tidak terlibat dalam ranah politik.

“Apalagi menyatakan sikap mendukung salah satu pasangan calon di Pilgub Sulsel,” katanya, Selasa (20/2).

Pemangku Adat Salokoa ri Gowa ini menegaskan, pertemuan antara Maddusila dan Andi Sudirman Sulaiman hanya sekadar kunjungan silaturahmi biasa. Pertemuan tersebut tidak membicarakan dukungan Kerajaan Gowa kepada pasangan Nurdin Abdullah tersebut dalam Pilgub Sulsel.

“Menurut Sombaya (Maddusila, red) Sudirman Sulaiman datang ke kediamannya hanya untuk menelusuri silsilah keluarganya. Jadi, silaturahmi biasa,” katanya.

Baso Machmud juga menambahkan, setiap calon gubernur-wakil gubernur memiliki kesempatan yang sama apabila ingin datang bersilaturahmi. Pihak Kerajaan Gowa tak pernah membatasi diri selama berkaitan dengan kunjungan silaturahmi saja.

“Kalau Pak Agus dan Tanribali Lamo mau datang, silakan saja. Tetap akan diterima sebagai tamu biasa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mantan Wali Kota Watampone ini menuturkan, keluarga Kerajaan Gowa tetap diberikan keleluasaan dalam memilih calon pemimpin Sulsel. Pihak kerajaan tetap menjalankan sikap demokrasi dalam menentukan hak pilih.

“Hanya saja, selama ini keluarga besar kami telah menentukan pilihan untuk mendukung NH-Aziz. Saya dan keluarga sejak awal mendukung NH-Aziz, tidak mungkin mengalihkan dukungan ke pasangan calon lain,” tegasnya.

Pihak Kerajaan Gowa dengan pasangan NH-Aziz selama ini kerap menunjukkan hubungan yang mesra. Saat hendak pendeklarasian pasangan, NH melakukan prosesi appatabe di kediaman keluarga Kerajaan Gowa. Tak hanya itu, Raja Gowa, Andi Maddusila juga turut mengantar NH-Aziz mendaftarkan diri ke KPU Sulsel sebagai calon gubernur. (rilis tim)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...