Pasokan Menipis, Disdukcapil Bakal jemput 40 Ribu Tambahan Blanko E-KTP

Rabu, 21 Februari 2018 - 11:43 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kembali mendapatkan tambahan 40 ribu blanko E-KTP dalam waktu dekat. Iti untuk mengantisipasi kekosongan blanko yang semakin menipis.

Disdukcapil Makassar rencananya akan menjemput blanko tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan bahwa persediaan blanko e-KTP masih ada. Meski begitu, pihaknya bakal menjemput lagi ke Kemendegari mengantisipasi kehabisan blanko. “Minggu ini kita ambil lagi sekira 40 ribu lagi,” ucap Nielma, Selasa (20/2) kemarin.

Ia mengatakan bahwa perekaman yang telah dilakukan telah mencapai 850 perekaman. Semua perekaman tersebut diklaim telah mendapatkan e-KTP. Hanya saja untuk mengantisipasi pemilih pemula pihaknya akan ke pusat lagi.

Ia menambahkan pelayanan perekaman e-KTP mengalami peningkatan signifikan. Tingginya minat masyarakat Kota Makassar melakukan perekaman e-KTP membuat Disdukcapil Kota Makassar membuka perekaman e-KTP pada hari libur yakni hari Sabtu.

“Pengurusan wajib KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar mengalami peningkatan secara signifikan. Untuk itu, semua Disdukcapil Kota Makassar membuka layanan pengurusan KTP hingga hari libur yakni hari Sabtu di seluruh Kecamatan di Kota Makassar,” ucapnya.

Lanjut Nielma Palamba, alasan masyarakat selama ini tidak melakukan perekaman, karena sibuk beraktivitas di hari kerja mulai hari Senin hingga Jumat. Untuk itu Disdukcapil Kota Makassar membuka pelayanan hingga hari Sabtu. “Jadi Dukcapil membuka pelayanan hingga hari Sabtu di seluruh kecamatan,” ucapnya.

Ia mengatakan tingginya minat masyarakat melakukan perekaman e-KTP karena memasuki tahun politik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah melakukan sosialisasi agar masyarakat segera melakukan perekaman e-KTP.

“Cukup signifikanlah karena setiap hari Sabtu kurang lebih di seluruh kecamatan warga yang melakukan perekaman e-KTP sebanyak 150 orang,” tandas Nielma.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kota Makassar, Muh Yarman mengakui pihaknya akan ke Jakarta untuk mengambil sedikitnya 40 ribu blanko KTP dalam waktu dekat. “Iya pekan ini kita akan ambil lagi, karena sudah mau habis blanko sebelumnya,” kata Muh Yarman.

Terkait Pemilih pemula, Muh Yarmin mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan kunjungan dan pantauan ke setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) di Makassar untuk melakukan perekaman.

“Yang belum melakukan perekaman sekira 200 ribu dan pemilih pemula yang banyak artinya yang mau berusia 17 tahun dan itu mau didata dulu dan rencana akan disisir ke sekolah-sekolah,” ucap Yarman. (armansyah/raksul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *