11 Kapal Perang Cina Segera Masuki Samudera Hindia Timur

1 Komentar

FAJAR.CO.ID  —  Sebanyak 11 kapal perang Cina dikabarkan berlayar ke Samudera Hindia Timur bulan ini. Hal ini dilakukan di tengah krisis konstitusional di rantai pulau tropis kecil Maladewa yang sekarang tengah dalam keadaan darurat.

Merujuk pada portal berita Cina, Sina.com.cn, sebuah armada kapal perusak dan setidaknya satu kapal selam, sebuah dermaga transportasi amfibi 30.000 ton dan tiga kapal tanker pendukung memasuki Samudra Hindia.

“Jika Anda melihat kapal perang dan peralatan lainnya, kesenjangan antara angkatan laut India dan Cina tidak besar,” begitu bunyi kabar tersebut.

Namun, tidak dijelaskan lebih lanjut soal kapan armada itu dikerahkan atau untuk berapa lama. Namun diketahui bahwa persaingan antara musuh lama India dan Cina karena pengaruh di Maladewa menjadi jelas setelah Presiden Abdulla Yameen mendaftar ke inisiatif Belt and Road Beijing untuk membangun jaringan perdagangan dan transportasi di Asia dan sekitarnya.

India, yang memiliki hubungan politik dan keamanan yang telah berlangsung lama sampai ke pulau-pulau yang berjarak sekitar 400 km, telah berusaha untuk mundur melawan kehadiran China yang meluas di negara berpenduduk Muslim yang berjumlah 400.000 orang.

Pemimpin oposisi Maladewa telah mendesak New Delhi untuk campur tangan dalam krisis tersebut. Kementerian Pertahanan Cina tidak menanggapi permintaan komentar atas kabar tersebut. (mel)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...