AS-Korsel Lanjutkan Latihan Militer, Korut Dijamin Panas Lagi

Kamis, 22 Februari 2018 - 03:19 WIB
Latihan militer gabungan Korsel-AS. (Foto: Reuters)

FAJAR.CO.ID  —  Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) akan mengumumkan rencana sebelum bulan April mendatang untuk kembali menggelar latihan militer gabungan yang sempat ditunda.

Diketahui bahwa Seoul dan Washington telah sepakat untuk menunda latihan militer reguler sampai Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade selesai dilaksanakan di Korea Selatan pada 18 Maret mendatang. Setelah keputusan untuk menunda latihan bersama, Korea Utara setuju untuk mengadakan perundingan resmi pertama dengan Korea Selatan dalam lebih dari dua tahun dan mengirim atlet ke Olimpiade Musim Dingin.

Namun ketika ditanya kapan kedua negara akan mengadakan latihan yang telah ditunda, Menteri Pertahanan Korea Selatan Song Young-moo pada Selasa (20/2) mengatakan kepada parlemen bahwa dia dan rekannya dari Amerika Serikat Jim Mattis, akan melakukan pengumuman antara 18 Maret dan awal bulan April mengenai jadwal latihan militer gabungan.

“Latihan itu ditunda sesuai semangat Olimpiade,” kata Song seperti dimuat Reuters.

“Kami telah sepakat untuk menegakkan dasar sampai setelah Paralimpiade dan tidak mengkonfirmasi atau menyangkal apapun mengenai apa yang akan kami lakukan setelah itu sampai kami mengumumkannya,” sambungnya.

Song menambahkan pembicaraan antar-Korea tidak terjadi sebagai akibat langsung dari latihan yang ditunda.Pyongyang telah memperingatkan bahwa pihaknya tidak akan diam jika Amerika Serikat dan Korea Selatan terus maju dengan latihan militer yang ditunda. (mel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.