Curanmor Meresahkan, Pria Ini Ciptakan Alat Anti-maling

Kamis, 22 Februari 2018 - 06:07 WIB
David Suwarno Sukarto memasang alat anti-maling hasil karyanya. (Foto: Ginanjar Elyas Saputra/Radar Surabaya)

FAJAR.CO.ID  —  DSS Magic Smart Key, sebuah alat elektronik pengaman ganda kendaraan tercipta untuk meredam banyaknya keresahan curanmor. Alat ini berasal dari nama penciptanya, yaitu David Suwarno Sukarto (DSS).

David mengaku jika inovasinya ini muncul karena seringnya terjadi tindak curanmor dan begal yang marak saat ini.

Dengan adanya fenomena tersebut, David menciptakan alat pengontrol On dan Off kendaraan secara otomatis dengan sistem elektronik.

“Pengguna kendaraan bermotor tidak perlu repot membawa kunci dan menyalakan dengan tombol start engine. Hanya dengan menyentuh stang gas secara otomatis sensor hand grip menyalakan mesin kendaraan, begitu pula dengan mematikan mesin,” papar dia, Senin (19/2/2018).

Menurut dia, alat ini cocok digunakan untuk berbagai jenis kendaraan, roda dua maupun roda empat. Tidak hanya itu, DSS Magic Smart Key ini memiliki fitur lain seperti kode sensor untuk menyalakan mesin. “Jadi fitur ini memiliki kelebihan, selain harus ada kuncinya namun juga harus memasukan kode password yang benar, jadi tinggal bagaimana cara pegang hand gripnya,” ujar David.

Dari segi peminat, David mengakui jika DSS banyak diminati warga negara asing. Selain fitur keamanannya yang canggih, DSS juga merupakan alat security kendaraan yang hanya menggunakan sekali sentuhan tangan.

Cara mengunci kendaraan hanya dengan mengatur program yang diukur dengan jarak tertentu, jika kunci berada jauh pada motor maka secara otomatis alarm kendaraan berbunyi.

Dengan harga Rp 775 ribu, DSS Magic cukup murah untuk alat canggih keamanan kendaraan. Pangsa pasar alat rakitannya itu hingga ke Filipina, Malaysia, Korea, Afrika, Lebanon, dan lainnya. Pria lulusan S1 Elektronik Universitas Kristen Petra ini mengaku selama empat tahun untuk bereksperimen menemukan alat tersebut.

Rencannya David akan melakukan pengembangan dan penyempurnaan untuk alat DSS Magicnya. (gin/hen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.