Waduh, Ada 40ribu e-KTP Mengendap

Jumat, 23 Februari 2018 - 01:37 WIB

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN   –   Warga tak perlu lagi bolak-balik ke kantor kecamatan untuk mempertanyakan fisik e-KTP yang tidak kunjung jadi. Kini kondisinya justru berbanding terbalik dengan sebelumnya. Puluhan ribu e-KTP mengendap di enam kantor kecamatan lantaran tidak diambil pemiliknya.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan, sebanyak 40 ribu fisik e-KTP belum diambil pemiliknya. Disdukcapil meminta warga segera mengambilnya dengan menunjukkan resi atau surat keterangan (suket) di kantor kecamatan sesuai domisili.

“Untuk pengambilan e-KTP bisa mendatangi kecamatan masing-masing. Sebaiknya segera diambil, biar tidak semakin menumpuk,” ujar Kepala Disdukcapil Balikpapan, Chairil Anwar kepada Balikpapan Pos, kemarin (21/2).

Untuk percepatan pendistribusian fisik e-KTP, Disdukcapil juga telah menyampaikan hal tersebut kepada kelurahan dan RT setempat. Chairil menduga, warga yang belum mengambil e-KTP karena pindah ke luar daerah, seperti kuliah dan kerja.

“Data terbaru, kami sudah mencetak sekitar 40 ribu e-KTP. Sosialisasi rutin melakukan sosialisasi, baik ke Pak Lurah sendiri minta untuk memberitahukan warganya hingga RT-RT,” ungkap pria yang pernah menjabat Camat Balikpapan Selatan ini.

Dia menjelaskan, ribuan e-KTP yang telah tercetak itu adalah milik warga yang mengajukan pembuatan sejak September 2017 ke bawah.

“Karena untuk e-KTP perkembangannya selalu ada. Saat ini sehari ada empat ribu e-KTP yang dicetak. Otomatis pegawai kami lembur, karena ada 80 ribu e-KTP yang belum dicetak,” sebutnya.

Pihaknya, kata dia, beruntung dan bersyukur karena mendapatkan jatah blangko e-KTP khusus sebanyak 80 ribu lembar dari pusat. Sesuai data Disdukcapil Balikpapan, saat ini jumlah warga wajib KTP sebanyak 550 ribu orang. (tur/rus/k1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.